Sudah P-21, SZ Tersangka Penghina Keluarga Bupati Ade Yasin Segera Disidang

Sudah P-21, SZ Tersangka Penghina Keluarga Bupati Ade Yasin Segera Disidang
Bupati Bogor Ade Yasin

INILAH, Bogor - Kasus pencemaran nama baik keluarga Bupati Bogor Ade Yasin dengan tersangka SZ (38 tahun) sudah dinyatakan P-21 atau hasil penyidikan sudah lengkap. Hal itu diutarakan Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi.

Dia mengatakan, usai dilakukan penyidikan dan barang bukti dinyatakan lengkap tersangka diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

"Kasus pencemaran nama baik keluarga Bupati Bogor Ade Yasin dengan tersangka SZ sudah P-21 dan tahap II Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor," ujar AKP Benny, Rabu (23/10/2019).

Mantan Kasat Reskrim Polres Cianjur ini menerangkan jajarannya sudah mengamankan barang bukti berupa handphone tersangka SZ dan percakapan di grup facebook.

"Barang bukti yang kami amankan adalah handphone milik tersangka SZ, gelas bergambar Bupati Bogor Ade Yasin dengan Wabup Bogor Iwan Setiawan, print out atau screen shoot postingan dan keterangantiga orang  saksi admin grup facebook seperti Masyarakat Cinta Bogor," terangnya.

Akibat ulah konyolnya, SZ yang merupakan warga Kecamatan Sukajaya ini pun dijerat dengan pasal 27 Undang-Undang nomor 11 tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman maksimal penjara selama enam tahun.

"Kasus pencemaran nama baik keluarga Bupati Bogor Ade Yasin ini semoga menjadi pembelajaran masyarakat agar tidak melakukan penghinaan dan lenih bijak dalam penggunaan sosial media," tutur AKP Benny.

Kepada admin sosial media terutama facebook, Ia pun meminta ada regulasi yang jelas, pengendalian dan pengawasan hingga tidak ada postingan ujaran kebencian dalam grupnya tersebut.

"Admin sosial media terutama facebook diharap menseleksi postingan anggotanya, apabila infonya benar silahkan diijinkan dan kalaupun hoax atau berbau ujaran kebencian sebaiknya tidak dijinkan tayang atau dikeluarkan saja pelakunya dari grup facebooknya tersebut," paparnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Reggie Komara membenarkan tersangka SZ sudah dalam penangganannya.

"Benar kasus pencemaran nama baik keluarga Bupati Ade Yasin telah P-21 dan untuk penahanan tersangka tidak lagi ditahan di Polres Bogor tetapi di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Pondok Rajeg, Cibinong dengan status titipan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor," ungkap Regie.

Dia melanjutkan, pihaknya menargetkan paling lambat 14 hari kerja setelah dinyatakan P-21, kasus pelanggaran Undang-Undang nomor 11 tahun 2018 ini akan disidang di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Cibinong. (Reza Zurifwan)

Loading...