Partizan vs Man United, Perang Mental!

Partizan vs Man United, Perang Mental!
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer

DARI sisi teknis, jelas Manchester United jauh lebih mumpuni ketimbang Partizan Belgrade. Tapi bicara mental, itu soal lain!

Man United bertandang ke markas Partizan Belgrade dalam lanjutan Grup L Europa League, Jumat (25/10) dini hari WIB. Misi menang jelas jadi harga mati bagi skuat besutan Ole Gunnar Solskjaer ini.

"Kami dalam situasi yang positif setelah hasil di liga kemarin. Kami menunjukkan semangat bertanding yang hebat," ujar Solskjaer dilansir situs resmi klub.

Solskjaer memang sedang percaya diri. Akhir pekan lalu, timnya nyaris memenangi laga melawan sang pemuncak Liga Primer Inggris, Liverpool. Sayang, keunggulan 1-0 harus buyar di lima menit jelang laga bubar.

"Pelajarannya kami bisa bertahan dengan baik dan menyerang dengan efektif. Itu yang harus dipertahankan," lanjut Solskjaer.

Sejauh ini di fase grup Europa League, The Red Devils masih tertahan di posisi kedua. Tetapi kemenangan menjami mereka menggeser sang pemuncak yang tak lain adalah Partizan Belgrade.

Man United bisa tampil dengan kekuatan penuh. Pemain-pemain seperti Anthony Martial, Andreas Pereira, Scott McTominay hingga Marcus Rashford siap tempur. Hanya saja yang patut ditunggu, adalah kemungkinan Solskjaer merotasi banyak pemain senior untuk memberi kesempatan tampil para penggawa muda.

"Saya ingin memberi pengalaman kepada mereka (pemain muda). Itu penting dan dalam beberapa momentum, mereka bahkan wajib menjalani pertandingan," tandas Solskjaer.

Yang harus diwaspadai Solskjaer, justru intimidasi dari para suporter tuan rumah. Partizan memang dikenal punya fans yang kerap mengintimidasi lawan ketika menggelar laga kandang. Bahkan dalam beberapa momentum, segelintir suporter melontarkan teriakan-teriakan berbau rasisme.

Pelatih Partizan Belgrade Savo Milosevic bahkan harus meminta suporter timnya untuk tidak berlaku rasis. “Tentu saja, dan saya, sebagai mantan pemain yang punya banyak teman di seluruh dunia, akan melakukan segalanya demi memastikan tamu kami merasa nyaman dan hanya memikirkan sepakbola.

“Saya akan berkata kepada fans: ‘Klub besar, klub raksasa akan datang mengunjungi kami – dan kami harusnya merasa bangga untuk melawan Manchester United untuk kali pertama sejak 1966’.

Ya, Milosevic memang memandang Man United sebagai raksasa Eropa. Dia berharap para pemainnya bisa mendapatkan pelajaran penting.

“Kami harus merasa bangga untuk menjamu pemain-pemain ini, pelatihnya, para pemimpin dan suporter dari klub besar tersebut.” tandasnya. (bsf)

LIMA LAGA TERAKHIR PARTIZAN
19/10/19: M Lucani 1-0 Partizan
06/10/19: Partizan 1-2 Vozdovac
03/10/19: F Astana 1-2 Partizan
28/09/19: R Nis 1-4 Partizan
25/09/19: Javor 0-2 Partizan

LIMA LAGA TERAKHIR MAN UNITED
20/10/19: Man United 1-1 Liverpool
06/10/19: Newcastle 1-0 Man United
03/10/19: AZ Alkmaar 0-0 Man United
30/09/19: Man United 1-1 Arsenal
25/09/19: Man United 1-1 Rochdale

PRAKIRAAN PEMAIN
Partizan Belgrade (4-2-3-1)

Stojkovic (GK) Urosevic, Pavlovic, Ostojic, Miletic (B) Zdjelar, Scekic (cdm) Asano, Natkho, Tosic (T) Sadiq (D)
Pelatih: Savo Milosevic
Man United (4-3-1-2)
Robero (GK) Wan-Bissaka, Jones, Rojo, Williams, (B) Pereira, McTominay, Fred (T) Mata (ss) Matial, Greenwood (D)
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Loading...