Puluhan Mayat Ditemukan di Truk Kontainer

Puluhan Mayat Ditemukan di Truk Kontainer
Foto: Net

INILAH, Essex – Sebanyak 39 jenazah ditemukan di dalam sebuah truk kontainer di Essex, bagian timur Inggris. Demikian BBC, Kamis (24/10/2019).

Pengemudi truk telah ditahan dan kepolisian Inggris sudah menggelar penyelidikan pembunuhan.

Pernyataan kepolisian di Essex menyebutkan, laporan pertama mengenai penemuan jenazah-jenazah di dalam truk kontainer di Waterglade Industrial Park di Eastern Avenue, Grays, muncul pada Rabu (23/10/2019) sebelum pukul 01.40 waktu setempat.

Kota Grays berjarak sekitar 15 kilometer sebelah timur London.

Jenazah-jenazah itu ditemukan oleh staf ambulans dan polisi belakangan mengatakan "disayangkan bahwa dari 39 orang di dalam kontainer, semuanya telah meninggal dunia".

"Indikasi awal menunjukkan salah satu jenazah-jenazah ini adalah remaja, sisanya diyakini orang dewasa," sebut polisi.

Kewarganegaraan para korban tidak langsung bisa diketahui, namun polisi mengingatkan bahwa identifikasi formal "bisa menjadi proses yang panjang".

Awalnya, kepolisian mengira truk kontainer ini bisa jadi berasal dari Bulgaria, namun belakangan mereka meyakini kendaraan itu memasuki Inggris dari Belgia.

Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengeluarkan pernyataan berbunyi: "Jenazah 38 orang dewasa dan seorang remaja belum teridentifikasi, namun polisi mengatakan kemungkinannya mereka bukan warga Bulgaria".

Kepolisian Essex meyakini kontainer tiba di Purfleet dekat Sungai Thames dari Zeebrugge, Belgia, sekitar pukul 00.30 waktu setempat pada Rabu (23/10/2019).

Truk itu sendiri ditengarai berasal dari Irlandia Utara dan mengangkut kontainer dari Purfleet, Essex, sesaat setelah pukul 01.05 waktu setempat.

Kejaksaan Belgia telah menggelar penyelidikan untuk menentukan apakah kontainer tersebut melalui Belgia.

Kepolisian Essex kemudian meralat pernyataan sebelumnya yang menyebutkan kontainer memasuki Inggris dari Holyhead, pelabuhan di Wales yang menghubungkan daratan Inggris dengan Irlandia, pada 19 Oktober.

Akan tetapi, Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar, mengatakan investigasi akan digelar untuk menentukan apakah kontainer itu melewati Irlandia.

Dalam pernyataannya, kepolisian Essex mengatakan "Unit truk (bagian depan) dari kontainer diyakini berasal dari Irlandia Utara".

Kepolisian sebelumnya mengatakan truk diyakini berasal dari Bulgaria.

Kementerian Luar Negeri Bulgaria menerangkan: "Truk Scania terdaftar di Varna (pantai timur Bulgaria) atas nama sebuah perusahaan yang dimiliki seorang warga Irlandia".

Sejumlah pejabat Bulgaria yang dikutip pernyataannya, mengatakan truk itu terakhir kali berada di Bulgaria pada 2017 lalu.

Belum diketahui secara pasti dari mana asal kontainer. (INILAHCOM)

Loading...