Hingga Akhir 2019, Garut Bidik Angka Kunjungan 2,8 Juta Wisatawan

Hingga Akhir 2019, Garut Bidik Angka Kunjungan 2,8 Juta Wisatawan
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Hingga akhir tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 2,8 juta wisatawan. Angka tersebut terbilang baik dibandingkan kunjungan wisatawan pada 2018 lalu sebanyak 2.679.657 wisatawan.

Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Garut Evi Anshori optimistis target kunjungan wisatawan itu bisa tercapai. Apalagi, sejumlah destinasi wisata kini dilakukan penataan dan peningkatan layanan.

“Untuk daerah-daerah wisata bahari, kita juga telah merekrut dan melatih balawista untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan wisatawan di obyek wisata pantai, sungai, situ, maupun wisata air lainnya,” kata Evi, Selasa (29/10/2019).

Data Disparbud menunjukkan sepanjang 2018, jumlah wisatawan yang berkunjung ke 31 obyek wisata di Garut mencapai sebanyak 2.679.657 wisatawan. Rinciannya, itu terdiri dari 2.676.632 wisatawan Nusantara (wisnus), dan 3.025 wisatawan mancanegara (wisman). Rata-rata, jumlah kunjungan wisatawan itu mencapai 223.304 wisatawan per bulan. Wisnus kebanyakan berasal dari kota-kota besar di pulau Jawa.

Untuk tahun ini, selama Januari-September 2019 itu baru mencapai sebanyak 2.156.750 wisatawan yang didominasi wisnus sebanyak 2.153.739 orang. Puncak kunjungan itu diakuinya terjadi pada Juni sebanyak 522.325 wisnus dan 1.405 wisman.

“Tahun 2018, target kunjungan tidak maksimal karena terpengaruh bencana tsunami Banten. Terutama kunjungan wisatawan di daerah pantai selatan. Tapi mudah-mudahan sekarang tidak terjadi hal-hal tak diinginkan. Sehingga target kunjungan wisatawan bisa tercapai,” harap Evi.

Terkait destinasi wisata yang menjadi magnet diantaranya Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, Cipanas Tarogong Kaler, Situ Bagendit, Situ Cangkuang, Air Panas Pasirwangi, TWA Kawah Papandayan, dan TWA Kawah Talaga Bodas. Obyek-obyek wisata tersebut rata-rata per tahun mendapat kunjungan di atas 100.000 wisatawan.  

Obyek wisata lainnya yang juga menjadi sasaran kunjungan wisatawan yakni Ngamplang, Taman Satwa Cikembulan, Kawah Darajat, Situ Cibeureum, Curug Citiis, Curug Orok, Makam Karamat Godog, Makam Karamat Cinunuk, Situs Kabuyutan Ciburuy, Kampung Adat Dukuh, Curug Neglasari, dan Curug Sanghyang Taraje.

Plus, Makam Jafar Shidik, Leuweung Sancang, Pantai Gunung Geder, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Karang Paranje, Pantai Cijayana, Pantai Manalusu, Curug Cihanyawar, Arung Jeram Cimanuk, Museum RAA Adiwijaya, Leuwi Tonjong, Karacak Valley, Kebun Mawar, Ecopark, dan Desa Wisata Saung Ciburial. (Zainulmukhtar)