Pesan Ridwan Kamil pada Pengurus Baru LPTQ Jabar

Pesan Ridwan Kamil pada Pengurus Baru LPTQ Jabar
foto: INILAH/Dani Rahmat Nugraha

INILAH,Bandung- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Provinsi Jawa Barat untuk masa pengurus lima tahun ke depan di Sutan Raja Hotel Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (29/10/2019). 

"Saya berharap masyarakat Jabar khususnya umat Muslimnya menjadi masyarakat qurani tidak hanya Islam KTP saja. Tapi juga bisa baca Quran memahami dan mengamalkannya," kata pria yang akrab di sapa Kang Emil itu.

Menurut Kang Emil,  secara teknis Pemprov Jabar berharap dalam kompetisi STQ, MTQ  wakil Jabar bisa menjadi juara. Namun secara umum LPTQ ini berperan sebagai mitra Pemprov Jabar dalam pengembangan generasi Qurani termasuk dalam program Satu Desa Satu Hafiz Quran dan program Jabar Maghrib Mengaji.

"Kami menyadari di era sekarang pentingnya kekuatan akidah dalam agama masing masing, khususnya islam dalam mengarungi lintasan dinamika jaman ini," katanya. 

Kang Emil juga menyinggung kondisi saat ini dimana banyak masyarakat khususnya anak anak yang kecanduan gawai (gadget). Kata dia, dengan program Jabar Maghrib Mengaji bisa menjadi solusi permasalahan ini.

"Kami fokus Maghrib sampai Isya untuk ngaji seperti jaman waktu kecil dulu di kampung. Itu sangat kami dorong menjadi sebuah solusi khususnya untuk generasi milenial, generasi z. Dengan Quran dan tilawatilnya menjadi solusi dalam dinamika pergaulan sosial dan digital," ujarnya.

 Bupati Bandung Dadang Maser di tempat yang sama menambahkan,  LPTQ Kabupaten Bandung sudah menyiapkan Qori/Qoriah untuk kompetisi MTQ tingkat Jabar di Subang nanti. Kabupaten Bandung menargetkan juara umum pada MTQ nanti. 

"Kami cari yang terbaik Qori/Qoriah dari Kabupaten Bandung ini tersebar di seluruh wilayah Jabar dan selalu diambil atau menjadi wakil dari kota/kabupaten lain. Tidak apa-apa itu konsekuensi dari jumlah penduduk yang banyak, yang penting syiar islamnya meningkat," katanya. (rd dani r nugraha).