Bupati Dadang Minta Benteng Pabrik di Sempadan Sungai di Majalaya Dibongkar

Bupati Dadang Minta Benteng Pabrik di Sempadan Sungai di Majalaya Dibongkar
Bupati Bandung Dadang M Naser. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Bupati Bandung Dadang M Naser meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk melakukan evaluasi terkait pembangunan jalan inspeksi sungai yang ada di wilayah Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Karena pembangunan jalan inspeksi sungai itu memakan Daerah Aliran Sungai (DAS) sehingga mengakibatkan aliran DAS Citarum menyempit.

"Ada aspirasi dari masyarakat dan para tokoh Majalaya, dan saya lihat sendiri di Jembatan H Syukur itu menyempit.  Itu sudah saya sampaikan ke BBWS agar dilakukan evaluasi," kata Dadang di Soreang, Jumat (1/11/2019).

Saat melakukan pemantauan lapangan itu, kata Dadang, ia juga melihat adanya bangunan pabrik yang berdiri sempadan sungai. Namun anehnya pihak BBWS tidak berani menggusur, malah menguruk sebagian badan sungai. Kondisi terbalik ketika ada bangunan rumah warga, rumah tersebut digusur untuk pembangunan jalan inspeksi tersebut.

"Kenapa bisa lahir kepemilikan pabrik dari mana itu. Sedang dievaluasi karena pabrik katanya sudah punya hak kepemilikan. Siapa yang jual, kalau ada kecurangan saya minta bentengnya dihancurkan," ujarnya.

Seperti diketahui di titik Jembatan H Syukur itu ada bangunan pabrik dan bangunan itu tidak digusur seperti pemukiman warga. (rd dani r nugraha)

Loading...