Jadi Grand Ambassador UMKM, Ini Janji Ade Yasin

Jadi Grand Ambassador UMKM, Ini Janji Ade Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin (tengah). (Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin  yang beberapa waktu lalu ditunjuk menjadi grand ambassador Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berjanji akan mendampingi para pelaku UMKM.

"Setelah ditunjuk menjadi grand ambassador UMKM maka tanggung jawab saya untuk terus mengembangkan potensi UMKM Kabupaten Bogor menjadi lebih maju dan mandiri," ucap Ade kepada wartawan, Selasa (5/11).

Ketua DPW PPP Jawa Barat ini menjelaskan dalam gebyar 1001 UMKM, Motivasi Bisnis dan Festival Makanan Olahan Singkong maka para pelaku UMKM nantinya banyak memiliki inovasi.

"Setelah mengikuti gebyar 1001 UMKM, Motivasi Bisnis dan Festival Makanan Olahan Singkong maka diharapkan para pelaku UMKM selalu berinovasi dalam mengembangkan usahanya dan demi meningkatkan kualitas maupun kuantitas produknya," jelasnya.

Ade mengharapkan adanya ataupun suksesnya UMKM tidak hanya membuka lapangan pekerjaan baru hingga membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran tetapi juga munculnya para pengusaha atau juragan baru.

"Untuk memajukan atau mensukseskan para pelaku UMKM, Pemkab Bogor bekerjasama dengan Alfamart agar produk - produk UMKM bisa dijual di Alfamart, kami harap minimarket modern lainnya mengikuti jejak Alfamart dalam upaya mengembangkan UMKM di Bumi Tegar Beriman yang jumlahnya mencapai 24.978," harap Ade.

Melalui Dinas Keperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Bupati Bogor Ade Yasin juga memberikan sertifikat atas hak tanah kepada pelaku UMKM sebanyak 500 bidang.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Arman Jaya mengatakan bersama BRI dan Kantor Pertanahan Nasional (KPN) Kabupaten Bogor memberikan sertifikat tanah secara  cuma - cuma tanpa bayaran.

"Selain memberikan bantuan 500 sertifikat tanah gratis kepada pelaku UMKM, Pemkab Bogor juga memberikan bantuan alat kerja pelaku UMKM yang ada di tiga desa," kata Arman.

Ia menerangkan pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan alat kerja  tersebut adalah Desa Ciburayut, Cigombong, Kelurahan dan Kecamatan Cisarua serta Desa

"70 pelaku usaha anyaman bambu di Desa Ciburayut, 80 pelaku usaha rajutan di Kelurahan dan Kecamatan Cisarua dan 20 pelaku usaha taylor di Desa Kahuripan, Ciseeng akan mendapatkan mesin jahit. Selain itu bekerjasama dengan PD Pasar Tohaga kami juga akan memberikan bantuan kepada pelaku usaha klontong," terangnya.

Arman melanjutkan jajarannya juga siap mendukung ajang World Cup U - 20 pada tahun 2021 berupa pameran atau festival makanan olahan dari bahan baku singkong.

"Olahan makanan dari bahan baku singkong ini akan menjadi ikon baru Kabupaten Bogor dan siap 'dijual' di ajag World Cup U - 20 pada tahub 2021 yang InsyaAlalh akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong," lanjut Arman. (Reza Zurifwan)