Pemkot Godok Pembentukan BPBD Kota Bandung 

Pemkot Godok Pembentukan BPBD Kota Bandung 
net

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial menilai, di ibu kota provinsi Jabar ini diperlukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pasalnya, saat ini untuk menangani setiap bencana alam di Bandung itu dilakukan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB).

“Saya sudah menginstruksikan Kabag Orpad (Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah) agar mengkaji pembentukannya. Karena memang selama ini Kota Bandung belum punya. Apakah nantinya harus dibuat badan baru atau gimana,” kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Selasa (5/11/2019).

Dia menegaskan, jadi atau tidaknya pembentukan BPBD Kota Bandung itu menunggu hasil kajian yang dilakukan. Jika hasilnya merekomendasikan untuk membuat badan khusus, maka Pemkot Bandung harus membuat Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru. 

“Saya akan memproses setelah ada hasil kajiannya,” ujarnya.

Konsekuensinya, Oded menyebutkan badan khusus itu harus didukung sumber daya manusia (SDM) mumpuni. Namun, hal itu harus berdasarkan kajian secara komprehensif dan mengikuti aturan.

“SDM banyak nggak ada masalah. Hanya menaikan dari bidang ke badan. Tapi apa pun, tergantung hasil kajian saja,” katanya. (Okky Adiana)

Loading...