Purwakarta Siapkan Lahan 5 Ha Untuk Agrowisata Manggis

Purwakarta Siapkan Lahan 5 Ha Untuk Agrowisata Manggis
net

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta kini menyiapkan lahan seluas 5 hektare di sekitar Kecamatan Kiarapedes. Lahan tersebut, rencananya akan disulap menjadi lokasi argo wisata berbagai produk unggulan perkebunan khas wilayah tersebut. Salah satunya perkebunan manggis.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Irfan Suryana menuturkan, pihaknya melihat potensi lain yang bisa dikembangkan di perkebunan manggis ini. Tentunya, dari sisi ekonomi yang tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan warga sekitar.

“Menurut kami, buah manggis jangan hanya dilihat dari sisi produk perkebunan saja. Karena, dari sisi pariwisatanya pun kami melihat potensi lain yang bisa dikembangkan dari produk perkebunan,” ujar Irfan kepada INILAH, Selasa (5/11/2019).

Irfan berpendapat, dengan adanya lahan khusus sentra produksi perkebunan khas ini, bisa sekaligus menjadi peluang jajarannya untuk pengembangan sector pariwisata. Output-nya, bisa saja kedepan akan didorong supaya ada wisata ‘Kebun Manggis Petik sendiri. Tujuannya, tak lain untuk menarik wisatawan.

“Kabarnya sih lahan itu jadi sentra perkebunan Manggis dan holtikultura. Tapi, itu leading sectornya di dinas pertanian. Tapi kami menilai, kawasan ini juga bisa sekaligus jadi lokasi agrowisata. Sehingga, butuh kerjasama lintas sektoral,” jelas dia.

Pihaknya mencontoh beberapa kawasan perkebunan yang telah berjalan untuk agrowisata itu. Misalnya, di Kota Malang ada perkebunan apel. Di sana ada sentra produksi sendiri, petik sendiri bahkan ada edukasi juga untuk mendorong UMKM.

Seperti diketahui, geliat ekonomi masyarakat Purwakarta melalui sektor pariwisata mulai menunjukan perkembangan yang cukup signifikan sejak beberapa tahun ini. Hal itu, tak lepas dari peran pemerintahnya yang komitmen untuk melakukan pengembangan pariwisata.

Siapa sangka, pengembangan pariwisata yang dilakukan Pemkab Purwakarta melalui dinas terkait itu cukup menarik perhatian Pemprov Jabar. Rencananya, pemprov akan membantu dalam pengembangan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Belum lama ini, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum juga telah melakukan kunjungan kerja ke kabupaten yang dipimpin Anne Ratna Mustika sebagai bupati. Kedatangannya, tak lain untuk mencari destinasi yang bisa lebih dikembangkan lagi.

“Saya ditugaskan oleh pak Ridwan Kamil untuk mencari di 10 titik di masing-masing kabupaten dan kota untuk mengembangkan potensi wisata,” ujar Kang Uu, meninjau meninjau objek Wisata Alam Pasir Langlang di Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

Menurut dia, pengembangan pariwisata ini perlu dilakukan karena sangat berpengaruh terhadap meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kata dia, keberadaan objek wisata juga bisa membuat meratanya peningkatan ekonomi.

Dia mengaku, pengembangan wisata di daerah bukan semata ingin menguasi, namun ingin peningkatan ekonomi di Jawa Barat terjadi secara merata dengan semakin banyaknya bermunculan destinasi wisata baru. (Asep Mulyana)

Loading...