Tahun Baru, Puncak Ditutup 12 Jam

Tahun Baru, Puncak Ditutup 12 Jam

INILAH, Bogor – Sebanyak 1.400 petugas gabungan dari Polres Bogor, Kodim 0621, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Pramuka, dan PMI Kabupaten Bogor, diterjunkan dalam Operasi Lilin Lodaya 2018.

 

Kapolres Bogor AKBP Andi Muhammad Dicky Pastika mengatakan, Operasi Lilin Lodaya bertujuan mengamankan perayaan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, seiring masuknya masa liburan anak sekolah.

 

"Seluruh tim gabungan dan beberapa organisasi massa (ormas) siap bertugas mengamankan dan membantu kelancaran Operasi Lilin Lodaya 2018," kata Dicky kepada wartawan, Kamis (20/12/2018).

 

Dia menerangkan, petugas menjaga keamanan 171 gereja dan membantu kelancaran arus lalu lintas menuju Puncak, Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Pada Senin (31/12/2018) pukul 18.00 WIB hingga Selasa (1/1/2019) pukul 06.00 WIB, pihaknya melarang kendaraan roda empat masuk Jalur Puncak.

 

“Tim gabungan akan memperhatikan rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya karena sedang berlibur. Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa bekerja sama dengan RT RW untuk mengamankan rumah-rumah kosong. Kami harap pemilik rumah melapor kepada aparat di lingkungannya atau menitipkan kendaraan ke kantor polsek terdekat," jelasnya.

 

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menuturkan, petugas akan mengamankan perayaan Tahun Baru di Stadion Pakansari, Cibinong. Kalau ada masyarakat yang tetap ingin menghabiskan malam pergantian Tahun Baru di kawasan wisata Puncak, diimbau untuk datang lebih awal sebelum jadwal rekayasa lalu lintas.

 

"Tidak ada tolenrasi untuk kendaraan yang memang sudah terjebak penutupan. Jadi saran saya untuk datang lebih awal karena kita sudah upayakan sosialisasi rekayasa ini jauh hari," tambahnya.

 

Sekda Kabupaten Bogor Adang Suptandar mengatakan, ada ratusan petugas Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan dan Satpol PP yang siap siaga mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

 

“Petugas juga berjaga apabila ada kecelakaan lalu lintas, bencana kebakaran, banjir, dan longsor, yang kerap mengancam. Apalagi sekarang sudah masuk musim hujan,” katanya.