Lucunya...Lelang Sudah, SPK Sudah, Pemerintah Tak Punya Duit

Lucunya...Lelang Sudah, SPK Sudah, Pemerintah Tak Punya Duit

INILAH, Cirebon – Ada-ada saja. Sebuah perusahaan memenangkan lelang proyek Puskesmas Winong, Kabupaten Cirebon. Surat perintah kerja (SPK) pun sudah muncul. Tapi, ternyata pemerintah tak punya duit.

SPK tersebut keluar dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon pada Anggaran Perubahan. Lelang proyek senilai Rp390 juta itu dimenangkan CV Andina, dialokasikan untuk pembangunan lantai dua.

Informasi yang yang diperoleh INILAH menyebutkan, proyek tersebut bersumber dari dana kapitasi atau JKN yang ada di Puskesmas Winong. Anggarannya sendiri sudah tercatat dalam DPA. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Sudiono sudah menandatangani jaminan pelaksanaan. Namun anehnya, saat SPK sudah diterbitkan, tidak ada konsultan dan PPK yang berani melaksanakan pengukuran di lapangan.

Dari persoalan tersebut, munculah masalah dan diakui oleh Dinkes sendiri, bahwa anggaran yang ada hanya sekitar Rp170 jutaan. Malahan hal tersebut sudah ditanyakan kepada Kabag Pengadaan dan Pengendalian Pembangunan Kabupaten Cirebon Adil Prayitno. Menurutnya, pihak ULP tidak tahu menahu ada tidaknya anggaran. Kalau sudah muncul di DPA dan Dinas mengajukan lelang, pasti akan digelar.

“Kalau sudah keluar SPK, ya kerjakan saja. Masalah ada tidaknya anggaran, ya itu kan urusan dinas terkait,” kata Adil.

Hal senada dikatakan salah seorang konsultan yang enggan disebutkan namanya. Dalam kondisi tersebut rekanan yang sudah memegang SPK sebetulnya bisa menuntut Dinkes. Masalahnya, SPK punya kekuatan hukum terlaksananya pekerjaan. Dia pun mempertanyakan, kenapa setelah keluar SPK, pihak dinas dan konsultan tidak mau diajak pengukuran awal karena itu adalah syarat mutlak awal pekerjaan.

“Rekanan mana yang bisa mulai pekerjaan, kalau setelah keluar SPK, tidak ada PCM dan pengukuran MC nol dari konsultan dan PPK. Semua harus sama sama terlibat karena di sini awal ceklisnya. Bukan salah rekanan kalau belum dikerjakan juga, MC nolnya tidak ada,” ungkapnya. (maman suharman)
 

Loading...