Panjat Tebing Alam Jadi 'Jualan' Wisata Kabupaten Bogor

Panjat Tebing Alam Jadi 'Jualan' Wisata Kabupaten Bogor
Objek wisata alam di Gunung Munara, Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. (istimewa)

INILAH, Bogor - Banyaknya potensi alam berupa gunung batu akan dimanfaatkan Pemkab Bogor untuk menarik minat wisatawan terutama wisatawan yang hobby memanjat tebing alam.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan Kabupaten Bogor punya banyak potensi lokasi panjat tebing alam yang akan dijadikan objek wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Lokasi panjat tebing alam ada di Klapanungal, Sukamakmur, Ciampea, Cisarua, Rumpin dan lainnya yang akan menjadi objek wisata olahraga. Program ini seiring visi kami yaitu Bogor The City Of Sport And Tourisme," kata Ade kepada wartawan, Kamis (7/11/2019).

Politisi PPP ini optimistis wisata olahraga atau rekreasi panjat tebing alam ini bakal digenari karena sangat menantang adrenalin para wisatawan yang umumnya anak muda itu.

"Selain menantamg adrenalin, wisata olahraga panjat tebing alam ini juga menjual keindahan alam Bumi Tegar Beriman. Apalagi  tak jauh dari lokasi panjat tebing alam juga ada curug atau air terjun," sambungnya.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bambang Widodo Tawekal bersama Federasi Olahraga Rekreasi Masyarkata Indonesia (FORMI) Kabupaten Bogor dan Perhutani akan serius mengembangkan panjat tebing alam sebagai wisata atau  olahraga rekreasi.

"Dalam pengembangan objek wisata panjat tebing alam ini kami sudah bekerjasama dengan Perhutani karena lokasinya berada di wilayah mereka, untuk menjadi idola para wisatawan maka yang utama kami akan pastikan keamanannya," ucap Bambang.

Untuk mengembangkan wisata alam, pria yang juga menjabat sebagai Camat Cibinong ini menuturkan Pemkab Bogor melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait akan membenahi sarana insfrastruktur jalan.

"Kurang baiknya kualitas insfrastukur jalan akan dibenahi oleh SKPD terkait, ini menjadi penunjang agar para wisatawan nyaman berekreasi di Bumi Tegar Beriman," tuturnya.

Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Whusnutama mendukung sepenuhnya Kabupaten Bogor yang akan menjadikan tebing gunung menjadi wisata olahraga panjat tebing alam.

"Kami siap mendukung sepenuhnya Kabupaten Bogor yang akan menjual panjat tebing alam, semoga inovasi ini tidak hanya mendatangkan wisatawan nusantara tetapi juga mancanegara," ucap Whisnutama.

Mantan petinggi Net TV dan Trans TV ini melanjutkan Kabupaten Bogor memiliki potensi luar yang biasa tidak  hanya wisata alam tetapi juga wisata olahraga, wisata budaya, wisata sejarah hingga tumbuhnya ekonomi kreatif di desa - desa.

"Semua potensi wisata ini tinggal dikemas dan dipasarkan dengan cara yang baik hingga wisatawan nusantara maupun mancangara berbondong - bondong datang  ke Kabupaten Bogor," lanjutnya. (Reza Zurifwan)

 

 

Loading...