Doyan Kulineran di Bogor? Cobain Nasi Kendil Ini

Doyan Kulineran di Bogor? Cobain Nasi Kendil Ini
Foto: INILAH/Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Satu inovasi kuliner khas Kota Bogor kembali bertambah setelah adanya Nasi Kendil dari Kendil Resto and Cafe di Jalan Pandu Raya No 58, RT 01 RW 15, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara. Nasi kendil yang disajikan dengan konsep hotplate ini ditemani ayam goreng renyah serta sambal pedas khas Bogor.

Pengelola Kendil Resto and Cafe Deni M Aryanto mengatakan, nasi kendil awalnya dibuat dari coba-coba, yaitu nasi rempah jambal disajikan bersama ayam goreng, lalapan sambal, dan pelengkap lainnya. Selain itu disajikan saat masih panas.

"Baru satu kali dikenalkan ternyata rasa nasi kendil khas restoran kami ini diminai masyarakat. Sampai ada yang memesan 300 porsi untuk satu acara, sementara restoran juga belum ada nama yang didapat," ungkap Deni kepada wartawan, Kamis (7/11/2019).

Deni melanjutkan, restoran akhirnya menamakan kendil dengan konsep hidangan nasi kendil. Penyajian nasi kendil juga dikonsepkan secara tradisional.

"Nasi kendil ini juga ukuran satu porsinya cukup banyak, karena nasinya disajikan dalam satu kendil yang berukuran cukup besar. Aroma rempah serta rasanya, terjamin kualitasnya," tambahnya.

Deni menjelaskan, untuk bumbu rempah dan nasi kendil awalnya dimasak terpisah, kemudian diberikan rempah-rempah bumbu khusus khas kendil. Selanjutnya diberikan ikan jambal serta ikan teri, lalu nasi dibakar bersama kendilnya.

"Ini khasnya berkiblat ke masakan sunda, karena ikan jambal identik dengan orang sunda. Meski diluaran Bogor ada nasi kendil, tapi khasnya pasti Jawa Tengah dengan adanya gudeg serta pelengkap lain," tuturnya.

Deni menjelaskan, harga normal nasi kendil ditawarkan Rp33 ribu. Nasi kendil dipaketkan dengan air teh manis dibandrol Rp25 ribu.

"Untuk minumannya bisa diganti dengan es teh manis ataupun air putih, sesuai keinginan masyarakat. Sejauh ini untuk promosi belum dilakukan secara masiv, tetapi pelanggan sudah banyak yang hadir dan ketagihan. Selain nasi kendil banyak menu lain khas Sunda, tapi menjadi makanan favoritnya di kami nssi kendil itu," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Loading...