Akselerasi Pembangunan, DPM-Desa Jabar Jalin Sinergitas Bersama LPM

Akselerasi Pembangunan, DPM-Desa Jabar Jalin Sinergitas Bersama LPM
istimewa

INILAH, Bandung - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) jalin sinergitas bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut sebagai upaya mengakselerasi perencanaan pembangunan di Jabar. 

Keseriusan itu tampak dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPM Provinsi Jabar yang digelar di Kabupaten Subang, Kamis (7/11/2019) lalu. Rakerda dihadiri perwakilan LPM se-Jabar dengan unsur ketua, sekretaris, dan bendahara sebanyak 108 orang.

Kepala DPM-Desa Jabar Dedi Supandi mengatakan, peran LPM adalah mitra dalam perencanaan pembangunan. Karena itu sinergitas penting dilakukan. 

"LPM yang ada di desa atau kelurahan harus diberdayakan dan dimanfaatkan sebagai mitra kerja pemerintah dalam perencanaan dan pembangunan," ujar Dedi di Bandung, Minggu (10/11/2019).

Menurut Dedi, dengan memberdayakan seluruh tenaga LPM di Jabar akan mewujudkan akselerasi terhadap perencanaan pembangunan. Karena itu, optimalisasi seluruh tenaga LPM tersebut bertujuan untuk menghadirkan langkah-langkah terobosan guna mendukung program pembangunan unggulan demi terwujudnya visi Jabar Juara.

"Akselerasi tersebut akan tercipta dengan menyinergikan segala upaya dan tujuan pembangunan di Jabar," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Jabar Tatang Suratis mengatakan, pihaknya optimistis dengan adanya peluang dalam perencanaan pembangunan tersebut LPM dapat memetakan arah pembangunan di Jabar ke depan.

"Saya juga berharap para LPM memberikan masukan terkait konsep pembangunan dan hal apa saja yang akan digarap oleh LPM di Jabar," ujar Tatang. 

Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan LPM yakni memasuki ranah perundang-undangan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa. 

"Hal ini dapat dimulai dengan perencanaan penyusunan peraturan daerah atau peraturan gubernur terkait peran dan fungsi LPM yang harus diberdayakan kembali oleh pemerintah dan dilibatkan dalam pemberdayaan dan pembangunan," jelas Tatang. (Rianto Nurdiansyah) 

Loading...