Robert Alberts Sayangkan Jadwal Laga Tunda Melawan Arema FC

Robert Alberts Sayangkan Jadwal Laga Tunda Melawan Arema FC
net

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts tak sepenuhnya terima dengan jadwal pertandingan melawan Arema FC. Pasalnya, laga tunda Liga 1 2019 yang akan digelar Selasa (12/11/2019) bertepatan dengan FIFA matchday. 

Tak ayal, Persib harus kehilangan tiga pilar utamanya karena harus membela Tim Nasional. Seperti halnya Ezechiel N'Douassel yang harus membela Timnas Chad untuk Kualifikasi Piala Afrika 2022.

Lalu, dua pemain lainnya adalah Ardi Idrus dan Febri Hariyadi yang akan membela Timnas Indonesia untuk berhadapan dengan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Laga ini akan digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019).

Pelatih asal Belanda ini mengaku tidak bisa menolak kepergian para pemainnya itu. Sebab, tujuan pesepak bola adalah membela negaranya sendiri. 

"Maka penting untuk tahun depan mengganti situasi seperti ini agar tidak terjadi lagi nanti. Yang penting tahun depan jangan ada lagi pertandingan saat FIFA matchday, karena itu penting untuk pemain. Sebagai pelatih selama 25 tahun, saya gak bisa paham kenapa ini tetap terjadi," kesal Robert. 

Meski demikian, Robert harus bisa menerima dan menjalankan jadwal yang telah ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2019. 

"Saya harus ikuti aturannya. Tapi saya juga stres. Saya harus mengkritik hal yang harusnya dikritisi, mungkin hanya disini yang ada pertandingan saat FIFA matchday," katanya. 

Menurutnya bertanding saat FIFA matchday tidak baik bagi seluruh tim, terutama Persib Bandung. Robert merasa timnya seperti mendapatkan hukuman karena tidak bermain di jadwal yang seharusnya. 

"Harusnya kita bermain (lawan Arema FC) pada Desember, karena kita masih ada waktu. Tapi saran itu ditolak dan kita harus main di jadwal FIFA matchday," tuturnya. 

Robert mengaku tidak bisa menjalankan pertandingan. Terlebih Ezechiel, Ardi Idrus dan Febri Hariyadi merupakan pemain yang selama ini menjadi andalan. 

"Maka sebagai pelatih saya tidak bisa menentukan hasilnya karena saya tidak bisa mengontrol itu, jadwal itu, tapi saya disalahkan padahal itu adalah hal yang salah," tegasnya. 

Robert mengaku harus mengkritisi jadwal melawan Arema FC ini. Sebab ia merasa keputusan ini tidak adil bagi Persib.

"Saya harus bisa kritik ini karena ini jadi poin yang besar di musim ini di Liga dan hasilnya. Saya bekerja untuk Persib dan hal ini tidak adil," pungkasnya.

Laga Persib kontra Arema FC sedianya akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, 28 September lalu. 

Namun Persib harus menundanya karena tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian dengan alasan pengamanan di fokuskan pada aksi demontrasi yang dilakukan mahasiswa menolak revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). (Muhammad Ginanjar)

Loading...