PT DI Ekspansi Pasar ke Asia Pasifik dan Afrika

PT DI Ekspansi Pasar ke Asia Pasifik dan Afrika
istimewa

INILAH, Bandung - Bertepatan dengan Hari Pahlawan, PT Dirgantara Indonesia (DI) kembali mengirim produk unggulannya. Kali ini, pengiriman berupa ferry flight itu untuk satu unit pesawat terbang NC212i pesanan Kementerian Pertanian dan Koperasi (MOAC) Thailand.    

Kepala Sub Direktorat Perencanaan Perusahaan dan Manajemen Program PT DI Iwan Krisnanto mengatakan, pengiriman produk itu menandai pihaknya kini fokus membidik pasar komersial.

“Prospek industri pesawat terbang saat ini memiliki pangsa pasar yang cukup besar, terutama di pesawat komersial. Adapun kebutuhan pesawat NC212i dunia untuk 10 tahun ke depan yakni sebanyak 255 unit. Ke depan, rencana ekspansi PT DI yakni paasar Asia Pasifik dan Afrika,” kata Iwan di Bandung, Minggu (10/11/2019).

Untuk itu, dia mengaku PT DI akan meningkatkan kapasitas produksi pesawat NC212i. Dari semula empat pesawat per tahun akan dinaikkan menjadi enam pesawat per tahun. Strategi itu akan dimulai pada tahun depan untuk memenuhi target kebutuhan NC212i selama 10 tahun ke depan.

Iwan  menambahkan, selain untuk keperluan militer NC212i itu merupakan pesawat multiguna generasi terbaru dari NC212 dengan kapasitas 28 penumpang. Dilengkapi fitur canggih dan berbiaya operasi lebih rendah, pesawat itu pun relatif lebih kompetitif di pasar pesawat kecil. 

Terkait pengiriman ferry flight pesawat NC212i yang dikirimkan itu daikuinya melengkapi kontrak pengadaan dua unit NC212i. Nantinya, pesawat propeler itu digunakan Department of the Rain Making and Agricultural Aviation MOAC Thailand. 

“Pesawat terbang NC212i pertama telah dilakukan pada 22 Oktober 2019 kemarin. Hari ini dilakukan kembali ferry flight NC212i kedua yang penyerahannya dilakukan lebih cepat sebulan jadi jadwal sesuai kontrak yaitu Desember 2019. Sehingga, total dua unit pesawat NC212i telah dikirimkan ke MOAC Thailand,” ujarnya.

Dia menuturkan, dari hanggar PT DI pesawat dikendalikan Capt Zulda Hendra sebagai pilot in command dan Capt Billy Yudha Firmansyah sebagai copilot menerbangkan pesawat NC212i dari Bandara Husein Sastranegara. Rencananya, pesawat diterbangkan menuju Bandara Hang Nadim yang dilanjutkan ke Nakhon Sawan Air Base, Thailand sebagai destinasi terakhir pada keesokan harinya.

Produk buatan PT DI itu akan melalui final acceptance Department of the Rain Making and Agricultural Aviation MOAC Thailand, pada Selasa (12/11) besok. Pesawat ini dapat digunakan sebagai passenger transport, VIP, cargo, rain making, troop/paratroop transport dan medical evacuation yang dapat dipasang bergantian sesuai dengan kebutuhan.

Loading...