Purwakarta Petakan Potensi Perkebunan Wilayah

Purwakarta Petakan Potensi Perkebunan Wilayah

INILAH, Purwakarta – Kabupaten Purwakarta sebenarnya punya seabreg produk perkebunan yang khas yang sangat potensial untuk dikembangkan. Namun sayang, sampai saat ini keberadaanya belum tergali dengan maksimal.

Kabid Perkebunan dan Holtikultura, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Hadiyanto Purnama membenarkan hal itu. Sebenarnya, menurut dia, tidak hanya cengkeh, kopi, pala dan manggis saja yang saat ini menjadi produk perkebunan khas yang ada di wilayahnya. Banyak juga terdapat produk-produk lain yang sangat potensial dikembangkan.

“Sebenarnya, hampir di seluruh wilayah memiliki produk perkebunan yang bisa dikembangkan. Namun karena gaungnya kurang, jadi kurang dikenal,” ujar Hadiyanto kepada INILAH, Senin (11/11/2019).

Atas dasar itu, Hadiyanto menjelaskan, saat ini jajarannya tengan menginventarisasi dan memfokuskan untuk menyisir lokasi-lokasi yang dianggap potensial untuk pengembangan produk perkebunan khas ini. Ke depan bisa terlihat wilayah mana saja yang memiliki dan menjadi sentra-sentra produk perkebunan khas itu.

“Contoh di Kecamatan Cibatu itu produk khas-nya apa sih. Rambutan misalnya. Nah kita akan dorong untuk pengembangan buah rambutan di sana,” jelas dia.

Adapun tujuan survey sendiri, menurutnya, untuk turut membantu mendorong masyarakat supaya bisa mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di sektor perkebunan. Dalam hal ini, pihaknya juga turut membantu melakukan pembinaan langsung ke masyarakat. (asep mulyana)
 

Loading...