Tahun Depan, Uji Kir di Cimahi Pakai Smart Card

Tahun Depan, Uji Kir di Cimahi Pakai Smart Card

INILAH, Bandung - Tahun depan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kota Cimahi bakal menerapkan smart card sebagai pengganti buku uji kendaraan. Ini merupakan inovasi baru yang dilakukan UPT PKB Cimahi.

Kepala UPT PKB Kota Cimahi Joni Andriani mengaku, saat ini pihaknya masih dalam tahapan persiapan pengadaan smart card pengganti buku uji kendaraan tersebut. Untuk realiasasinya paling cepat Februari 2020 mendatang. 

"Jadi, tahun depan uji Kir dan lainnya nggak pakai buku karena suda ada smart card. Pengujinya juga nanti pakai scan barcode," katanya saat ditemui, Senin (11/11/2019).

Dalam pelaksanaannya, Joni menjelaskan setiap setiap pemilik kendaraan nanti akan mendapatkan smart card seharga Rp25 ribu per paket dan biaya itu sudah masuk saat mereka melakukan uji kendaraan. Mereka nanti bakal diberikan buku panduan serta smart card itu bisa di top up jika akan dipakai. 

Selain pengadaan smart card, untuk menerapkan sistem baru tersebut pihaknya perlu mengadakan software dan hardware berupa mesin scan barcode. Untuk pengadaan sekarang sedang dilakukan, dan sudah ada beberapa perusahaan pihak ketiga yang mengajukan rencana kerjasama. 

Selain sistem pengujian yang menggunakan smart card, pendaftaran pengujian kendaraan juga nanti akan menerapkan sistem online. Namun pembayaran masih sistem konvensional. 

"Sekarang sebetulnya sudah diterapkan sistem pendaftaran online, cuma belum semua tahu. Jadi pendaftaran online, pas datang langsung dicek kendaraannya. Pembayaran masih langsung, inginnya nanti nontunai, meminimalisir percaloan," jelasnya. 

Di UPT PKB sendiri, saat ini ada 11 alat uji yang beroperasi. Meskipun usianya lebih dari 6 tahun, namun Joni memastikan kondisinya masih laik pakai. Tapi tiap tahun dikalibrasi oleh kementerian dan semuanya lulus masih laik. (Ahmad Sayuti)

Loading...