Tak Sengaja, Warga Cigudeg Amankan Kukang yang Hampir Punah

Tak Sengaja, Warga Cigudeg Amankan Kukang yang Hampir Punah
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cigudeg - Ruslan (20 tahun) warga Kampung Raganis RT 03 RW 09 Desa Cintamanik, Cigudeg, Kabupaten Bogor menemukan satwa langka dan yang dilindungi pemerintah yaitu kukang.

Dia menemukan hewan bernama latin Nycticebus dan berwajah menggemaskan tersebut secara tidak sengaja di halaman rumahnya pada Jumat (8/11/2019) malam. Saat itu, dia akan memasukkan sepeda motor ke dalam rumah.

"Jumat malam ketika saya mau memasukan sepeda motor ke dalam rumah, tiba - tiba dari atas pohon hewan atau satwa kukang loncat ke atas jok motor saya. Saya pun langsung menangkapnya," ucap Ruslan kepada wartawan, Senin (11/11/2019). 

Dia menjelaskan, awalnya dia mengira satwa yang ditangkap itu cuma tupai. Namun, keesokan harinya dia baru mengetahui satwa tersebut adalah kukang.

Usai mengetahui satwa yang ditemukan termasuk yang dilindungi, dia pun berkonsultasi dengan mantan gurunya di SMP Terbuka Rengganis Nurul Masruli.

"Karena kukang termasuk satwa yang dilindungi maka saya pun mencari nomor telepon pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah I Jawa Barat. Rencana secepatnya satu ekor kukang akan diserahkan secara sukarela ke pemerintah melalui BBKSDA," kata Nurul.

Dia menduga, kemungkinan besar kukang yang pemalu tersebut merupakan satwa liar yang habitatnya ada di Gunung atau Bukit Cintamanik. Kukang terpaksa masuk ke permukiman karena stok makanannya berkurang.

"Saat ini masih masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan hingga banyak buah yang belum memasuki masa panen hingga satwa kukang ini mencari makanannya hingga ke pemukiman warga," lanjutnya. (Reza Zurifwan)

Loading...