Dukung Desa Wisata, Karang Taruna Desa Cibatu Gelar IHT Pengelolaan Konten Berbasis Smartphone

Dukung Desa Wisata, Karang Taruna Desa Cibatu Gelar IHT Pengelolaan Konten Berbasis Smartphone
Foto: Zainulmukhtar

NILAH, Garut - Sebagai bentuk dukungan terhadap terwujudnya Desa Cibatu sebagai Destinasi Wisata Budaya Cibatu Kecamatan Cibatu, kalangan muda tergabung dalam Karang Taruna Adi Satya menggelar peningkatan kapasitas in house training (IHT) “Pengelolaan Konten Berbasis Smartphone” di Gedung Gelanggang Olah Raga Desa Cibatu, Senin (11/11/2019).

Kegiatan bertajuk "Karang Taruna Adisatya Menuju Revolusi Industri 4.0 melalui Desa Wisata Budaya" itu diharapkan beragam sumber daya manusia (SDM) dapat mengembangkan kreasi dan berbagai potensi yang ada di desa berbasiskan literasi digital. Untuk itu,  Desa Cibatu relatif siap menuju Desa Wisata Budaya Berbasis Digital menghadapi revoluasi industri 4.0.

"Kita harus mempersiapkan SDM yang betul-betul kompeten, kreatif, dan inovatif, khususnya di era digital seperti saat ini. Singkatnya, kita harus diap menghadapi revolusi 4.0", kata Ketua Karang Taruna Adi Satya Desa Cibatu Ukas Budiman.

Dia menyebutkan, IHT Pengelolaan Konten Berbasis Digital itu sendiri diikuti sebanyak 20 perwakilan dari 13 Karang Taruna Rukun Warga di lingkungan Desa Cibatu.

Kepala Desa Cibatu Dadang Sulaeman mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi, kegiatan itu mendapatkan respons langsung dari pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut.

“Dari materi-materi disampaikan, ada semacam pencerahan bahwa kami harus siap menyambut program destinasi wisata Cibatu terpadu dalam segala hal. Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat langsung dipraktikkan. Sehingga dapat dirasakan langsung manfaatnya. Baik bagi pribadi maupun untuk pembuatan program skala kedaerahan ke depan,” kata Dadang.

Menurut Dadang, program Desa  Wisata Budaya di Desa Cibatu segera terwujud seiring berjalannya reaktivasi jalur kereta api. Antara lain dengan dijadikannya area kompleks Stasiun Cibatu sebagai area car free day, dilengkapi penyajian atraksi seni budaya, kuliner, dan handycraft.

Pihaknya akan memanfaatkan spot-spot bangunan tua bekas rumah dinas milik PT KAI yang di dalamnya bisa berisi hasil kreasi UKM.

"Even-even yang ada tentunya butuh kreativitas. Dan itu biasanya ada di anak-anak muda seperti karang taruna ini," ujar Dadang.

Dia berharap kegiatan tersebut memiliki efek besar bagi kemajuan desanya. Sehingga bisa menopang kegiatan pariwisata di Kabupaten Garut, khususnya di Kecamatan cibatu. (Zainulmukhtar)

Loading...