Akhirnya, Proyek Impian TPST Nambo Dimulai

Akhirnya, Proyek Impian TPST Nambo Dimulai
INILAH, Bogor - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan groundbreaking proyek pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Nambo di Klapanunggal Kabupaten Bogor.
 
Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan untuk membangun TPST Nambo, konsorsium PT Jabar Bersih Lestari (JBL) menginvestasikan uang sebesar US$46 atau Rp600 miliar dengan masa pembangunan hingga 18 bulan ke depan atau Juli tahun 2020.
 
"Setelah melakukan negoisasi final dengan semua pihak selama tiga bulan, hari ini kita melakukan groundbreaking sebuah pengelolaan sampah yang canggih dan skala besar dan nanti hasil pengolahan sambah berupa Refuse Derived Fuel (RDF)," kata Ridwan Kamil kepada wartawan, Jumat (21/12/2018).
 
Dia menerangkan produksi RDF sebesar 577,5 ton perhari dari TPST Nambo akan dibeli seluruhnya oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk sesuai MoU yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.
 
"Dari total pembuangan sampah di TPST Nambo sebesar 1.600-1.800 ton 35 persennya menjadi RDF, teknologi Jerman dan Korea ini sangat ramah lingkungan," terangnya.
 
Ridwan Kamil berharap dengan dibangunnya TPST Nambo yang luasnya mencapai 15 hektare, masyarakat tidak lagi 'primitif' dalam perilaku membuang sampahnya.
 
"Tugas pemerintah adalah dengan memastikan kemajuan di wilayah dan masyarakatnya tidak 'primitif' lagi dalam membuang sampah, Pemkab Bogor, Pemkot Bogor, Pemkot Depok dan Pemkot Tangsel membayar Rp125 ribu perton apabila sampahnya ingin dibuang ke TPST Nambo dan teknologi pengelolaan sampah ini nantinya bisa ditiru oleh regional lainnya di Provinsi Jawa Barat," harap Ridwan. (*)

Loading...