Ditengarai Ilegal, Satpol PP Garut Segel Tower BTS PT Gihon

Ditengarai Ilegal, Satpol PP Garut Segel Tower BTS PT Gihon
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Setelah beberapa waktu diprotes warga, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut akhirnya turun ke lapangang. Penegak perda itu menyegel sebuah tower base transceiver station (BTS) milik PT Gihon Telekomunikasi Indonesia di Kampung Lebaksari, Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu.

“Soal ini sudah kita peringatkan. Sekarang sudah dalam penanganan Satpol PP yang berwenang menegakkan Perda. Kemarin, Tim Gakperda turun ke lapangan,” kata Camat Cibatu Sardiman Tanjung, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, pembangunan tower berketinggian 42 m di Lebaksari itu beberapa kali menimbulkan protes warga karena ditengarai tak dilengkapi perizinan yang berlaku.

Pemerintahan Desa Karyamukti dan pemerintahan Kecamatan Cibatu pun sempat meminta PT Gihon menghentikan aktivitasnya sebelum dapat membuktikan terbitnya izin mendirikan bangunan (IMB) dari dinas terkait. PT Gihon juga diminta bisa menjaga kondusivitas di lapangan dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga hal-hal tidak diinginkan.

Pihak pemerintahan Kecamatan Cibatu bahkan sudah dua kali melayangkan teguran kepada pihak PT Gihon Telekomunikasi Indonesia. Teguran pertama dilayangkan pada 9 September 2019 dan teguran kedua pada 8 November 2019. Namun, pihak perusahaan bersangkutan terkesan tak menghiraukannya. Pembangunan tower tetap berlanjut hingga akhirnya Satol PP Garut turun melakukan penyegelan.

Sebelumnya, Kepala Desa Karyamukti Widya Heru Kartika menyebutkan sebenarnya pembangunan tower milik PT Gihon itu sudah sempat diberhentikan Satpol PP Garut. Namun, belakangan diketahui aktivitas pembangunannya masih tetap berjalan.

“Pembangunan tower sudah hampir beres, sekitar 90%. Berarti dia ngeyel. Izin masih belum ada, ini malah hampir mau beres pembangunannya. Kalau masih ngeyel, mesti disegel, dan rekomendasinya mesti di-pending,” ucapnya.

Hingga berita ditulis, belum ada satu pun perwakilan PT Gihon dapat dihubungi mengenai pembangunan tower di Lebaksari tersebut. (Zainulmukhtar)

Loading...