Prancis vs Moldova, Misi Lolos

Prancis vs Moldova, Misi Lolos
Striker Prancis Antoine Griezmann. (Net)

PRANCIS hanya perlu mengalahkan Moldova untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Les Bleus menjamu Moldova di Stade de France dalam lanjutan Grup H kualifikasi Piala Eropa 2020, Jumat (15/11) dini hari WIB. 

Prancis ada di puncak klasemen Grup H bersama Turki dengan sisa dua pertandingan di babak kualifikasi. Artinya, satu kemenangan sudah cukup meloloskan mereka.

"Penting untuk tetap fokus dan menjalankan segala sesuatu sesuai rencana," ujar Pelatih Didier Deschamps.

Ya, Deschamps enggan anak-asuhnya pongah. Dia meminta Kylian Mbappe dan kawan-kawan membuang jauh-jauh segala prediksi serta hitung-hitungan di atas kertas. "Mereka (Moldova) bisa jadi berbahaya ketika kami lengah," lanjutnya.

Deschamps meminta seluruh pemainnya untuk terus melakukan evaluasi terkait performa di lapangan. Dalam laga terakhir, mereka membuang kesempatan lolos lebih cepat lantaran ditahan imbang Turki 1-1.

Prancis lengah setelah unggul lebih dulu melalui gol Olivier Giroud. Gawang mereka kebobolan ketika laga tinggal menyisakan delapan menit.

"Intinya fokus untuk tetap menjaga keseimbangan permainan. Kami kecolongan karena kami kehilangan momentum," tegasnya.

Melawan Moldova, Deschamps berharap para pemain tampil konsisten hingga laga benar-benar berakhir. Dia ingin, timnya unggul cepat mengingat lawan sedang dalam periode yang sangat buruk.

Moldova dipermalukan 4-0 di kandang sendiri melawan Albania dalam pertandingan terakhir mereka di babak kualifikasi. Moldova benar-benar kalah kelas dari Albania, mereka hanya bisa melepaskan satu upaya tepat sasaran sepanjang 90 menit.

Lebih jauh, Moldova memang sangat terpuruk dengan  menempati dasar klasemen Grup H. Mereka hanya mengklaim satu kemenangan dan kalah tujuh kali dalam delapan pertandingan.

"Mereka bisa kapan pun bangkit. Terkadang pertandingan melawan tim yang sudah tak memiliki kesempatan akan menjadi rumit. Mereka bisa tampil lepas dan itu berbahaya," lanjut Deschamps.

Eks allenatore Juventus, ini memastikan Prancis tampil dengan kekuatan penuh. Antoine Griezmann yang sedang melempem di Barcelona diyakini tetap tampil sejak menit awal. Dia akan mendapat dukungan dari Kyilian Mbappe dan Giroud. (bsf)
 

HEAD TO HEAD
22/03/19: Moldova 1-4 Prancis

LIMA LAGA TERAKHIR PRANCIS
14/10/18: Prancis 1-1 Turki
11/10/19: Islandia 0-1 Prancis
10/09/19: Prancis 3-0 Andorra
07/09/19: Prancis 4-1 Albania
11/06/19: Andorra 0-4 Prancis

LIMA LAGA TERAKHIR MOLDOVA
14/10/19: Moldova 0-4 Albania
11/10/19: Andorra 1-0 Moldova
10/09/19: Moldova 0-4 Turki
07/09/19: Islandia 3-0 Moldova
11/06/19: Albania 2-0 Moldova

PRAKIRAAN PEMAIN
Prancis (4-2-3-1)

Mandanda (GK) Mendy, Lenglet, Varane, Pavard (B) Kante, Tolisso (cdm) Coman, Griezmann, Mbappe (T) Giroud (D)
Pelatih: Didier Deschamps
Moldova (4-5-1)
Koselev (GK) Graur, Posmac, Armas, Reabciuk (B) Antoniuc, Cociuc, Ionita, Carp, Ginsari (T) Sidorenco (D)
Pelatih: Semen Altman

Loading...