Perbakin Bakal Pecat Keanggotaan Anak Bupati Majalengka

Perbakin Bakal Pecat Keanggotaan Anak Bupati Majalengka
Foto: Net

INILAH, Bandung – Belum lama ini publik dihebohkan dengan aksi koboi dari anak kedua Bupati Majalengka, Irfan Nur Alam yang melakukan penembakan terhadap seorang kontraktor bernama Panji Pamungkasandi pada Minggu (10/11/2019).

Berdasarkan pemeriksaan polisi, Irfan diduga menggunakan senjata api jenis pistol dengan kaliber 9 milimeter. Irfan merupakan anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) dan memiliki izin penggunaan senjata api hingga 2020.

Sekretaris Jenderal Perbakin Firtian Judiswandarta mengatakan, status keanggotaan Perbakin Irfan belum dapat dipastikan. Satu diantaranya, syarat sah anggota Perbakin pasti memiliki kartu keanggotaan.

"Siapa bilang beliau anggota Perbakin? Ada tidak kartu anggotanya? Kita belum lihat," ucap Firtian saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (14/11/2019).

Firtian menegaskan, jika benar Irfan merupakan anggota organisasinya, Perbakin tidak akan segan-segan melakukan pemecatan atau pemberhentian secara tidak terhormat dari keanggotaan Perbakin.

"Dalam aturan kami sudah jelas, ada sanksi pemecatan jika memang terbukti (melakukan tindak kriminal dengan senjata). Perbakin sudah sering mengeluarkan anggotanya karena terlibat kasus kriminal," tegas Firtian.

Firtrian mencontohkan, Perbakin telah melakukan beberapa kali pemecatan keanggotaan Perbakin, bilamana terbukti anggotanya melakukan tindakan melawan hukum, di antaranya penembakan di Pengadilan Agama di Solo, Jawa Tengah, dalam sidang perceraian.

"Tak hanya itu, Perbakin juga pernah memecat anggotanya di Surabaya yang terbukti menyelundupkan proyektil peluru," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)

Loading...