Dankodiklatad Cup Super Adventure Night Road Race 2019 Digelar di Bandung

Dankodiklatad Cup Super Adventure Night Road Race 2019 Digelar di Bandung
Foto: INILAH/Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Kodiklatad bekerjasama dengan Montesz Indonesia dan Super Adventure menyelenggarakan "Dankodiklatad Cup Super Adventure Night Road Race 2019" di Bandung, Sabtu (16/11/2019).

Dalam gelaran ini, tiga ruas jalan di kawasan militer pun akan disulap menjadi trek balap non permanent, di antaranya Jalan Aceh, Saparua, dan Jalan Ambon.

Dankodiklatad Letjen TNI AM Putranto mengatakan, kegiatan road race ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada atlet-atlet maupun pembalap muda untuk mencoba lintasan baru dan untuk mengadu keterampilan. Selain itu acara merupakan ajang pencarian bakat dan pembinaan atlet-atlet muda yang terampil serta tangkas.

"Hal ini sejalan dengan tema hari Pahlawan 'Aku Pahlawan Masa Kini' karena banyak prestasi pembalap tanah air yang seringkali berjaya dan menjadi pahlawan dengan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya di kancah Internasional," ucap Putranto dalam konferensi pers Dankodiklatad Cup Super Adventure Night Road Race 2019 di Jalan Katamso, Kota Bandung, Rabu (13/11/2019).

Putranto mengungkapkan, meski gelaran balap tersebut digelar pada malam hari, pihaknya meminta kepada panitia di lokasi kegiatan tetap mengedepankan keselamatan.

"Saya sudah minta agar dipersiapkan dan dilaksanakan pengecekan terhadap fasilitas yang akan digunakan dalam pelaksanaan lomba tersebut sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya," ujar Putranto.

Ditemui di tempat yang sama, Promotor Montesz, Fariz menyebutkan, pihaknya telah memasang lampu portabel dengan daya 80 ribu watt untuk pencahayaan jalur balap atau sirkuit. Lampu ini pun diyakini dapat memberikan penerangan yang baik untuk para pembalap dalam melewati sirkuit.

"Lighting (pencahayaan) menjadi kunci karena event ini malam hari. Semuanya sudah 99% mungkin yang 1% tinggal restu dari Tuhan," tutur Fariz.

Fariz menuturkan, persaingan perebutan peringkat pertama dipastikan berjalan ketat. Sengitnya persaingan nanti maka masih sulit diprediksi siapa yang akan naik podium juara. Pasalnya, pembalap di Jawa Barat sangat banyak dan potensial di kancah nasional.

"Atlet di jabar ini potensial, di level asia saja sudah sangat sering pembalap kita membawa nama indonesia. Persaingan pasti akan ketat," ungkap Fariz.

Sementara itu, Ketua Harian IMI Jabar Frans Tanujaya menambahkan, kejuaraan balap "Dankodiklatad Cup Super Adventure Night Road Race 2019" dapat dijadikan sebagai ajang unjuk gigi para pembalap muda di Jawa Barat. Selain itu, ajang ini juga harus menjadi batu loncatan bagi pembalap muda sebelum berlaga di kejuaran level nasional.

"Para atlet bisa memanfaatkan gelaran ini untuk penjenjangan yang baik, atau batu loncatan ke even yang lebih besar. Kesempatan ini sangat terbuka untuk para pembalap indonesia, jadi dari event ini bisa menjadi jenjang karir," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)

Loading...