Riksa Budaya Someah Kembalikan Identitas Jawa Barat

Riksa Budaya Someah Kembalikan Identitas Jawa Barat
(Foto: Reza Zurifwan)

INILAH, Tamansari - Perkembangan teknologi informasi membuat tatanan kehidupan di Provinsi Jawa Barat melompat - lompat dan saling silang -menyilang. Alhasil Dinas Parawisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi Jawa Barat meluncurkan program Riksa Budaya Jawa Barat Someah (ramah) di Kampung Sindang Barang, Tamansari Kabupaten Bogor.

Kabid Kebudayaan Disparbud Jawa Barat Febiyani mengatakan Riksa Budaya Jawa Barat Someah  mengatakan ada kekhawatiran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam pergeseran nilai - nilai budaya Jawa Barat ditengah kemajuan teknologi informasi maupun adanya glovalisasi.

"Riksa budaya Jawa Barat Someah atau ramah ini bentuk pemikiran Pemprov Jawa Barat maupun budayawan dalam mengantisipasi pergeseran nilai budaya karena majunya teknologi informasi maupun adanya globalisasi," kata Febiyani kepada wartawan, Kamis (14/11).

Ia menerangkan selain someah, ciri budaya perilaku lainnya yang akan digerakkan adalah rengkuh dan hatur nuhun. Sehabis Kabupaten Bogor, Disparbud Jawa Barat akab melakukan Riksa Budaya Jawa Barat Rengkuh di Kabupaten Ciamis dan Riksa Budaya Jawa Barat  Hatur Nuhun di Kabupaten Indramayu.

"Budaya Someah (senyum), Rengkuh (hormat) dan Hatur Nuhun (terima kasih) ini tidak hanya menjadi kekuatan budaya tetapi  juga kekuatan parawisata karena tanpa keramah tamahan maka program peningkatan kunjungan wisatawan itu sulit terwujud," terangnya.

Budayawan Jawa Barat Aat Suratin menuturkan saat ini tatanan perilaku kehidupan saling silang - menyilang hingga membuat lunturnya kebudayaan atau kearifan lokal.

"Karakteristik budaya atau kearifan lokal ini harus kita ingatkan dan sosialisasikan kembali melalui kegiatan riksa atau festival budaya dengan harapan budaya dan kearifan lokal Jawa Barat tidak hilang ditelan kemajuan zaman," tutur Aat.

Kepala Dinas Budaya dan Parawisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Mulyadi mengaku dengan merangkul Dinas Pendidikan akan ikut menggiatkan riksa budaya someah di Bumi Tegar Beriman.

"Riksa budaya someah ini akan kami galakkan ke 40 kecamatan, karena sasarannya adalah siswa SD hingga SMP maka kami akan menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor," ujar Mulyadi.

Camat Tamansari Bayu Rakhmawanto beryukur wilayahnya menjadi tuan rumah Riksa Budaya Jawa Barat Someah, ia berharap masyarakat Tamansari yang terkenal akan someahnya dan kekayaan situs sejarahnya bisa menarik para wisatawan.

"Dengan banyaknya situs sejarah maupun curug atau air terjun dan objek wisata alam lainnya maka Pemerintah Kecamatan Tamansari berkeinginan menjadikan daerah kami sebagai destinasi favorit wisatawan," tukas Bayu. (Reza Zurifwan)

 

Loading...