Prancis Susah Payah Kalahkan Moldova 2-1

Prancis Susah Payah Kalahkan Moldova 2-1
Ilustrasi/ANTARA FOTO

INILAH, Paris - Prancis harus bersusah payaj menaklukkan Moldova 2-1 pada Kualifikasi Piala Eropa 2020. Les Bleus bahkan harus tertinggal terlebih dulu.

Prancis menjamu Moldova di Stade de France, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB, pada lanjutan pertandingan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020. Bermain di depan publik sendiri, Prancis langsung menekan Moldova sejak kickoff.

Pada menit keenam, Giroud memotong bola sapuan Moldova dan membuatnya jatuh ke Kylian Mbappe. Winger PSG itu kemudian melepaskan sepakan ke arah gawang, tapi laju bola bisa diamankan oleh kiper Alexei Koselev.

Pendukung Prancis dikejutkan gol Moldova pada menit kesembilan, Sebuah kesalahan dari Clement Lenglet kala berupaya melindungi bola dari Vadim Rata, tapi ia gagal. Bola diserobot Vadim Rata yang kemudian mampu menaklukkan Steve Mandanda.

Olivier Giroud mendapatkan peluang mencetak gol penyeimbang pada menit ke-12. Sepakannya dari dekat gawang menyambar umpan silang Lucas Digne masih melebar.

Giroud kembali membuang peluang bagus pada menit ke-30, sundulannya menyambut umpan Digne lagi-lagi masih belum mengarah ke gawang. Tiga menit berselang, percobaan mendatar Mbappe masih bisa diamankan Koselev.

Upaya Prancis akhirnya membuahkan gol penyeimbang pada menit ke-35. Raphael Varane menyambar bola liar ke gawang Moldova setelah Koselev gagal menghalau bola. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Mbappe langsung beraksi di menit pertama. Penetrasinya dari kanan diakhiri sepakan kaki kiri yang masih melambung.

Tuan rumah mengklaim penalti pada menit ke-51 setelah Mbappe terjatuh saat berebut di dekat kotak penalti. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Prancis benar-benar mendapat penalti pada menit ke-77 setelah Digne dijatuhkan Veaceslav Posmac di area penalti. Giroud yang maju sebagai eksekutor berhasil menjarangkan bola dan membawa Prancis berbalik unggul 2-1.

Setelah gol tersebut, Prancis setidaknya mendapat dua peluang susulan. Namun, upaya Giroud pada menit ke-89 cuma menghasilkan tendangan gawang bagi Moldova. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Prancis naik ke posisi teratas Grup H dengan mengemas 22 poin dari sembilan laga, mereka menggeser Turki ke posisi dua. Prancis dan Turki sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Dengan satu laga tersisa, kedua negara berebut status juara grup.

Susunan pemain:

Prancis: Steve Mandanda; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Clement Lenglet, Lucas Digne; N'Golo Kante, Corentin Tolisso; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Kingsley Coman (Thomas Lemar 88'); Olivier Giroud

Moldova: Alexei Koselev; Ion Jardan (Dinu Graur 68'), Artur Craciun, Veaceslav Posmac, Igor Armas, Sergiu Platica; Catalin Carp, Eugeniu Cociuc, Artur Ionita; Radu Ginsari (Nicolae Milinceanu 74'), Vadim Rata (Artur Patras 81')

Loading...