Legenda Persib Yakin Maung Bandung Tembus Level Asia

Legenda Persib Yakin Maung Bandung Tembus Level Asia
Legenda Persib Bandung Yudi Guntara. (Dok InilahKoran)

INILAH, Bandung- Legenda hidup Persib Bandung, Yudi Guntara optimistis skuat besutan Robert Alberts tampil di AFC Cup musim depan. 

Alasannya karena saat ini Persib hanya memiliki selisih empat poin dengan Persipura Jayapura yang berada di peringkat dua klasemen sementara Liga 1 2019. Maung Bandung mengantongi 40 poin, sementara Persipura 44 poin.

"Tapi harus dijaga juga kekompakan tim. Jangan ada masalah-masalah yang mengganggu tim. Saya rasa bisa (AFC Cup)," ujar Yudi. 

Menurut Yudi, Persib memastikan bisa memanfaatkan tujuh laga sisa sebelum menutup Liga 1 2019. Terlebih tujuh laga itu terdiri dari empat laga kandang dan tiga laga tandang. 

"Tiga tandangnya melawan Bali United, Borneo FC dan PSS Sleman. Saya rasa Persib bisa mengatasinya," tuturnya. 

Mantan Pemain Persib era 90an ini mengatakan saat ini Maung Bandung menunjukan permainan yang impresif. Terbukti di enam laga sebelumnya, Persib belum mengalami kekalahan.

"Di putaran pertama coach Rober buta dengan timnya. Banyak laga yang akhirnya dijadikan uji coba. Beckham, Zola, Kim dipasang. Tapi di putaran kedua ini sudah kelihatan, sudah beradaptasi, sudah terlihat mana yang tepat," katanya. 

Terbukti, Persib mampu tampil maksimal meski beberapa pilar utamanya tidak bisa main. Seperti saat melawan Arema FC, Persib tanpa Ezechiel N'Douassel yang gabung Timnas Chad, Ardi Idrus dan Febri Hariyadi perkuat Timnas Indonesia, Esteban Vizcarra akumulasi kartu kuning hingga Kevin van Kippersluis yang masih mengalami cedera. 

Di laga tersebut Persib mampu mengalahkan Singo Edan dengan skor cukup telak 3-0. Masing-masing diciptakan Kim Jeffrey Kurniawan di menit ke-6, Omid Nazari di menit ke-36 dan Frets Butuan di menit ke-39. 

"Sekarang tinggal menjaga kekompakan tim karena mental bertanding sudah dapat. Coach Robert juga sudah tidak pusing lagi kalau ada yang absen," bebernya.

Hasil ini, lanjutnya merupakan kejelian dari pelatih Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda ini dinilai memiliki banyak pengalaman dalam menangani tim.

"Kalau pelatih yang belum pengalaman pasti panik. Tidak adanya Kevin, Ezechiel, Febri, Ardi atau Vizcarra. Tapi Robert sudah ada modal seperti Frets, Erwin, Ghozali, Zalnando bagaimana," katanya. 

Karena itu, Yudi berharap manajemen Persib memperpanjang kontrak Robert Alberts hingga musim 2021 mendatang. Sehingga ia memiliki kesiapan penuh sejak awal dalam mengarungi musim 2020. 

"Untuk menatap kompetisi 2020 dari sekarang. Saya percaya Robert mengerti posisi-posisi mana yang memang harus ada tambahan," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)

 

Loading...