Gaungkan Kemasyuran Kopi Lokal, Purwakarta Gelar Festival Kopi Nusantara 2019

Gaungkan Kemasyuran Kopi Lokal, Purwakarta Gelar Festival Kopi Nusantara 2019
net

INILAH, Purwakarta – Kopi merupakan salah satu hasil sumber daya alam di Indonesia. Tak heran, sejumlah wilayah di negeri khatulistiwa ini merupakan sentra biji kopi. Bahkan, konon biji kopi khas Nusantara selama ini merupakan salah satu produk terbaik di dunia.

Kabupaten Purwakarta pun ternyata merupakan daerah penghasil kopi terbaik. Perkebunan kopi di kabupaten kecil ini, tersebar di empat kecamatan yang ada di wilayah Selatan. Tepatnya, di Kecamatan Wanayasa, Bojong, Darangdan, dan Kiarapedes.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menjelaskan, selama ini biji kopi juga termasuk produk perkebunan unggulan yang ada di wilayahnya selain daun teh, buah manggis, dan pala. Data dari dinas terkait, sampai saat ini tercatat ada sekitar 387 hektare perkebunan kopi yang tersebar di empat kecamatan tersebut.

“Dulu, perkebunan kopi di empat wilayah ini memang sempat redup. Tapi, sekarang mulai terlihat menggeliat lagi. Adapun jenis kopi yang ditanam petani Purwakarta yaitu jenis robusta,” ujar Anne saat berbincang dengan INILAH, Jumat (15/11/2019). 

Menurut Anne, perkebunan kopi rakyat ini cukup potensial untuk terus dikembangkan. Untuk itu, selama ini pihaknya pun terus berupaya untuk membantu para petani kopi ini. Salah satunya, dalam hal pengemasan dan pemasarannya.

“Saat ini pangsa pasarnya sudah sangat bagus. Tentunya, kami dari pemerintahan akan turut membantu. Supaya geliat ekonomi di sektor perkebunan juga turut meningkat,” jelas dia.

Anne menjelaskan, kopi khas Purwakarta itu terus dikenalkan secara luas melalui even tertentu. Seperti yang akan dilakukan jajarannya pada Sabtu (17/11/2019) besok. Pihaknya akan menggelar Festival Kopi Nusantara 2019.

Dalam kegiatan ini, pemerintah daerah turut melibatkan sedikitnya 15 peracik kopi andal di sejumlah daerah di Jabar. Adapun lokasi yang dipilih untuk kegiatan tersebut yakni di sekitar area Taman Surawisesa, Situ Buleud.

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Irfan Suryana menambahkan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut tak lain untuk turut mempromosikan dan memperkenalkan kopi terbaik asal perkebunan di wilayahnya. Tujuan lainnya, tentu untuk menggaet wisatawan datang ke wilayah ini.

“Selain memperkenalkan potensi perkebunan daerah, kegiatan ini juga bagian dari promosi wisata yang ada di wilayah kami,” ujar Irfan.

Irfan menambahkan, dalam Festival Kopi Nusantara 2019 itu sendiri bakal diisi dengan berbagai kegiatan lainnya. Diantaranya Bazar Kopi, diskusi atau obrolan warung kopi, pameran produk, hingga hiburan rakyat lainnya. Kegiatan tersebut dijadwalkan akan berlangsung hingga malam menjelang. (Asep Mulyana)

Loading...