Demonstrasi Hong Kong: Pria 70 Tahun Tewas

Demonstrasi Hong Kong: Pria 70 Tahun Tewas

INILAH,  Hong Kong--Seorang pria berusia 70 tahun tewas di sebuah rumah sakit di Hong Kong pada Kamis (14/11/2019) setelah benda keras menghantam kepalanya di tengah bentrok antara kelompok pro-Beijing dan kelompok demonstran sehari sebelumnya. Demikian BBC, Jumat (15/11/2019).

Otoritas menyatakan bahwa pria yang bekerja sebagai petugas kebersihan tersebut sedang beristirahat makan siang saat "benda keras yang dilempar oleh demonstran bertopeng" menghantam dirinya.

Bentrokan tersebut terjadi menyusul pernyataan Presiden China Xi Jinping mengenai prinsip "satu negara, dua sistem" yang sedang "diuji". Ia juga secara tegas menyatakan dukungan untuk kepolisian Hong Kong.

Benda keras diyakini menghantam kepala petugas kebersihan berusia 70 tahun saat demonstrasi memanas di perbatasan kota Sheung Shui pada Rabu (13/11/2019).

Berdasarkan sebuah video yang merekam kejadian itu, dua kelompok terlihat saling melemparkan batu bata sebelum akhirnya batu tersebut mengenai kepala seorang pria yang langsung roboh.

Dinas Pangan dan Kebersihan Lingkungan Hong Kong (FEHD) menyatakan pria tersebut merupakan pegawai paruh waktu yang bekerja untuk institusi tersebut.

Dinas juga mengecam demonstran bertopeng dan menyebut mereka sebagai kelompok yang "sangat berbahaya".

"(Mereka) terlibat kekerasan di berbagai distrik selama tiga hari berturut-turut dan menyerang warga sipil. Perilaku mereka ini sangat keterlaluan," kata otoritas dinas dalam pernyataan resmi.  (inilah.com)

Loading...