Samsung Galaxy A30s: Daya Pikat Kamera dan NFC

Samsung Galaxy A30s: Daya Pikat Kamera dan NFC
Ilustrasi/Net

SAMSUNG sedang melakukan agresif besar-besaran terhadap lini Galaxy Series A. Vendor asal Korea Selatan tersebut terlihat semakin memperkuat lini smartphone mid-end nya, kali ini dengan perubahan konsep, smartphone dengan harga terjangkau yang lebih bertenaga, dengan spesifikasi hardware yang lebih tinggi, dan membawa banyak fitur yang biasanya tidak ada di smartphone harga tersebut.

Di Indonesia sendiri, setidaknya sudah ada empat Samsung Galaxy Series A versi baru yang sudah dirilis yakni, Galaxy A10s, A20s, A30s dan A50s.

Sentuhan label "S" tentu membuat konsumen, termasuk INILAHCOM penasaran dengan teknologi kekinian yang tertanam di Galaxy A Series versi baru.

Menurut pihak Samsung sendiri, berbagai perubahan di Galaxy A Series versi baru, tidak lepas dari permintaan konsumen.

Nah kebetulan, dari sederet Galaxy A Series versi baru yang telah telah rilis, di meja redaksi INILAHCOM setelah kita membahas Galaxy A20s kini saatnya kita mengulik Samsung Galaxy A30s. Apa saja sih yang baru dari Samsung Galaxy A30s? Supaya Anda nggak penasaran pantengin ulasannya berikut.

Desain Solid

Ukuran dari smartphone ini berdimensi 158.5 x 74.7 x 7.8mm yang membuat smartphone ini memiliki bobot yang berat dan terlihat cukup solid. Secara handling Galaxy A30s terkesan lebih mantap dipegang dibanding A20s. Apalagi, ketika digunakan dengan satu tangan.

Galaxy A30s hadir dengan panel AMOLED berukuran 6,4 inci. Warna pada panel AMOLED terlihat lebih cerah dan hidup ketimbang panel IPS.

Tersedia 3 pilihan warna yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

Pengguna juga tidak perlu khawatir ponsel akan menjadi kotor, karena Samsung menyediakan jelly case dalam paket penjualan Samsung Galaxy A30s yang bisa melindungi perangkat dari benturan dan debu.

Beralih ke bagian depan, ponsel ini masih menggunakan infinity V display, untuk meletakan kamera selfie. Pada sisi kanan ponsel, terdapat tombol power dan volume. Sedangkan bagian kiri dipakai untuk slot kartu SIM dan MicroSD.

Di bagian depan fitur sidik jari di atas layar ini merupakan peningkatan yang ada di Galaxy A30s. Teknologi ini memungkinkan kita membuka kunci layar langsung di atas permukaan layar.

Dan kemampuan terdapat fingerprint in screen di hp ini sangat responsif dan bisa membaca sidik jari dengan cepat.

Cukup tempel jari di atas sensor yang muncul di layar dan dalam hitungan kurang dari sedetik kunci layar akan terbuka. Tapi pastikan kita sudah meregistrasikan sidik jari sesuai dengan perintah yang muncul.

Kamera

Soal fotografi, Samsung Galaxy A30s mengusung tiga camera dengan konfigurasi 25 MP f/1,7 (main camera), 8 MP f/2,2 untuk lensa ultra-wide, dan 5 MP f/2,2 untuk sensor kedalaman alias bokeh.

Mode kamera pada Galaxy A30s ada 7 mode yang ditawarkan A30s ditambah dengan HDR, Beautify dan AR Emoji.

Selain itu kamera belakang Samsung Galaxy A30s juga dilengkapi fitur Live Focus yang bisa mempermudah pengguna untuk membuat konten live dengan hasil yang lebih epik.

Sementara pada bagian muka, ponsel terbaru ini dibekali kamera selfie 16 MP yang juga dapat dimaksimalkan untuk membuat konten video selfie yang tajam dengan setting Bokeh yang dapat diatur melalui fitur Live Focus.

Performa dan fitur NFC

Bermodal chipset Exynos 7904 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, skor benchmark AnTuTu bisa dibilang biasa saja karena hanya memberikan skor sekitar 100 ribuan.

Selanjutnya pengujian dengan menggunakan aplikasi Geekbench dan 3dmark untuk melihat keandalan masing-masing chipset untuk menangani grafis, misalnya ketika bermain gim.

Nah, pada Galaxy A30s, pengujian 3DMark Sling Shot mencatat skor 916 dengan frame rate berkisar di antara 2 hingga 36 fps. Dalam kondisi maksimal, frame rate ini masih terbilang playable ketika menjalankan sebuah gim.

Bicara soal fitur penting yang dimiliki Samsung Galaxy A30s, ponsel ini punya Near Field Communication (NFC) yang bakal mempermudah aktivitas sehari-hari para pekerja perkotaan yang mengandalkan emoney untuk menaiki transportasi.

Perlui diketahui fitur ini sebelumnya tidak ada di Galaxy A30, sehingga menjadi peningkatan yang cukup berarti. Fitur sangat membantu untuk aktivitas yang berkaitan dengan e-money atau uang elektronik.

Seperti melakukan pembayaran, mengecek hingga mengisi saldo emoney. Apalagi saat ini hampir semua transportasi umum mengharuskan penggunaan emoney. Dan adanya fitur NFC di Galaxy A30s memudahkan kita mengecek berapa sisa saldo emoney serta langsung mengisi ulang jika isi saldo habis.

Proses pengecekan saldo emoney di perangkat ini cukup cepat, berlangsung dalam hitungan kurang dari 1 detik. Tapi pastikan didalamnya sudah terinstal aplikasi untuk mengecek saldo dari Play Store, atau bisa juga menggunakan aplikasi ecommerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Di segmen ponsel Rp 3 jutaan, hanya sedikit yang memiliki fitur bermanfaat ini. Bahkan saat ini, fitur ini terkoneksi Samsung Pay, yang memperluas penggunaannya untuk berbelanja. Pasalnya, Samsung Pay sudah bermitra dengan beberapa dompet digital, seperti Go-Pay dan Dana.

Baterai

Sesuai target konsumen penggunanya, seperti milenial dan para pekerja yang umumnya komuter dan banyak di lapangan, mereka ini sangat banyak bergantung dengan 1 device dan menjadikan smartphone sebagai device untuk melakukan banyak aktivitas, dari mencari informasi, multimedia, bermain game, media sosial, dan lain sebagainya.

Dengan kapasitas 4.000 mAh untuk ketahanan baterainya sendiri cukup oke untuk penggunaan seharian. Untuk aktivitas yang cukup aktif seperti browsing, chatting, email hingga multimedia baterainya bisa bertahan dari pagi hingga malam. Khusus untuk memutar video dengan durasi 2 jam, baterainya berkurang 12 persen.

Sedangkan mencoba video streaming melalui jaringan wifi, video HD berdurasi 1 jam mengurangi daya baterai sebesar 11 persen. Lalu ketika diajak bermain game PUBG selama 1 jam baterainya terkuras hingga 12 persen.

Baterai yang besar juga berarti membutuhkan waktu yang lama untuk diisi, tetapi bagusnya Samsung menyertakan charging cepat 15 Watt untuk perangkat ini, yang sudah tersedia di dalam box. Dengan charging cepat ini baterai bisa diisi penuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Spesifikasi

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dengan banderol mulai Rp 3,3 Jutaan smartphone Galaxy A30s ini memang nyaman digunakan sebagai teman untuk berbagai keperluan, dari mencari info, bekerja, bermain game, dan menikmati multimedia.

Konfigurasi tiga Kamera dengan resolusi tinggi serta penambahan fitur NFC benar-benar menjadi nilai tambah tersendiri untuk bisa digunakan beraktivitas setidaknya bisa menarik minat konsumen memiliki ponsel terbaru di akhir tahun ini. (Inilahcom)

Loading...