Ade Yasin Kenalkan Tauge Goreng dan Jajanan Kopi 

Ade Yasin Kenalkan Tauge Goreng dan Jajanan Kopi 
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cibinong - Bogor Traditional Food Festival kembali digelar. Tak hanya menawarkan aneka makanan khas tradisional, pada perhelatan itu pun digelar lomba memasak tauge goreng dan jajanan yang mengandung kopi.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pada 2019 ini jajarannya mengangkat makanan tradisional dan kue yang mengandung kopi. Dua menu tradisional itu kini semakin sulit didapati.

"Kalau tauge goreng itu makanan tradisional khas Bogor yang mulai jarang kita lihat di restoran ataupun hotel. Kami mengharapkan peserta lomaba yang berasal dari hotel-hotel itu mau menyajikan menu toge goreng untuk para pengunjungnya," kata Bupati kepada wartawan, Minggu (17/11/2019).

Dia menambahkan, saat ini Kopi Bogor sedang naik daun karena beberapa kali juara di festival kopi tingkat internasional. Untuk itu, Ade menantang kepada pelaku usaha kuliner untuk membuat jajanan yang salah satu bahan pembuatannya berasal dari kopi.

"Tadi banyak saya cicipi jajanan tradisional yang bahan bakunya dari kopi, kami ingin Kopi Bogor terus dipromosikan sebagai kopi terbaik baik dalam bentuk minuman maupun jajanan tradisional," tambahnya.

Ade menjelaskan, Bogor Traditional Food Festival akan dilanjutkan pada 2020 mendatang karena akan menjadi agenda promosi parawisata Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar).

"Setiap tahun Bogor Traditional Food Festival akan memiliki tema yang berbeda hal ini agar makanan tradisional khas Bogor tetap lestari dan dikenal luas oleh para wisatawan," jelas Ade.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Mulyadi melanjutkan tahun 2020 mendatang jajarannya akan lebih mempromosikan event Bogor Traditional Food Festival agar pengunjung yang datang didominasi wisatawan.

"Bogor Traditional Food Festival tahun ini pengunjungnya kebanyakan warga Cibinong Kabupaten Bogor mungkin karena promosinya yang kurang, oleh karena itu tahun 2020 promosinya akan kami 'galakkan' lagi hingga banyak wisatawan yang datang ke acara ini," lanjut Mulyadi. (Reza Zurifwan)

Loading...