Pulau Komodo Jadi Eksklusif, Tiket Masuk Rp14 Juta

Pulau Komodo Jadi Eksklusif, Tiket Masuk Rp14 Juta

INILAH, Jakarta - Pemerintah akan menjadikan kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai kawasan pariwisata premium kelas internasional.

Dengan konsep seperti ini, maka beberapa objek wisata di sekitarnya akan menjadi eksklusif seperti Pulau Komodo dan beberapa tempat lainnya.

Kepala Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina Sukarsono mengatakan, beberapa waktu lalu sempat muncul wacana untuk mengeksklusifkan kawasan Pulau Komodo. Salah satunya dengan menerapkan tiket mahal yang sifatnya membership untuk masuk kawasan tersebut.

"Itu bentuk usulanya dalam rapat dengan pak menko (Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan) dan pak menteri dan lainnya. Jadi konsep membership itu karena ingin dijadikan area eksklusif," kata Shana di Labuan Bajo.

Dia mengatakan pembahasan soal kawasan eksklusif di Pulau Komodo masih tersebut berlanjut. Bahkan pembahasan juga sudah menyinggung soal besaran harga tiket masuk untuk kawasan pariwisata eksklusif tersebut.

Shana menjelaskan, wacana yang berkembang hingga saat ini harga tiket untuk masuk kawasan Pulan Komodo mencapai USD 1000 (Rp14.087.000 juta, jika kurs 1 USD = Rp14.087) untuk per orang.

"Kalau USD 1000 kan buat membership ya. Ada yang non membership juga buat yang biasa," kata Shana.

Dia menjalaskan konsep kawasan eksklusif ini juga terjadi dibeberapa negara lainnya. Shana menyebut di New Zeland sendiri jika ada kawasan pariwisata yang menjadi ikon dan banyak dikunjungi orang, maka harga tiket masuknya akan dinaiknya semahal mungkin.

Hal ini dilakukan agar eksklusifitas kawasan tersebut tetap terjaga. Selain itu wisatawan juga bisa mengeksplor kawasan lain jika memang tidak mampu membeli harga tiket kawasan eksklusif.

"Tapi yang jelas, itu konspenya itu baru akan dibahas per Januari 2020. Timnya dibentuk oleh Menteri KLHK. Hasilnya seperti apa baru ketahuan akhir 2020 mungkin ya, saya belum tahu karena belum tahu jadwalnya," katanya.

Saat ini harga tiket masuk kawasan pariwisata Pulau Komodo sebesar Rp250.000/ orang untuk wisatawan Asing, sedangkan Rp75.000/orang untuk wisatawan lokal.[jat]

Loading...