Miliki US$110 M, Gates Jadi Orang Terkaya Lagi

Miliki US$110 M, Gates Jadi Orang Terkaya Lagi
Pendiri Microsoft Bill Gates. (Net)

INILAH, New York - Bill Gates melewati Jeff Bezos untuk gelar orang terkaya di dunia. Gates kembali ke puncak, berkat saham Microsoft yang melonjak dan dampak perceraian Bezos.

Untuk pertama kalinya dalam dua tahun, Jeff Bezos bukan lagi orang terkaya di dunia. Tapi No 1 yang baru adalah nama yang akrab.

Bill Gates kembali di atas, menurut Bloomberg Billionaires Index, dengan kekayaan US$110 miliar pada penutupan pasar Jumat. Bezos tepat di bawah, dengan US$109 miliar seperti mengutip marketwatch.com.

Amazon.com Inc. AMZN, -0,86% pendiri dan kepala eksekutif kehilangan sebagian kekayaannya dalam perceraiannya baru-baru ini. Mantan istrinya, MacKenzie Bezos, sekarang memiliki US$35 miliar, cukup baik untuk tempat ke-24 dalam daftar Bloomberg.

Gates, sementara itu, mendapat manfaat dari melonjaknya saham perusahaan yang ia dirikan bersama, Microsoft Corp MSFT, + 0,27%, yang telah meningkat 48% dari tahun ke tahun. Baru-baru ini, saham telah naik 4% sejak Microsoft dianugerahi kontrak komputasi awan JEDI $ 10 miliar Pentagon pada akhir Oktober.

Saham Amazon menyusut sekitar 2% sejak itu. Amazon mengatakan minggu lalu pihaknya bermaksud memprotes keputusan tersebut, yang menurutnya bias.

Menurut daftar Bloomberg, kekayaan Gates telah meningkat sebesar US$19,5 miliar tahun ini, sementara kekayaan Bezos telah turun sebesar US$16,2 miliar.

Kedua miliarder bisa melihat kekayaan bersih mereka sedikit lebih besar jika seorang Demokrat seperti Elizabeth Warren memenangkan Gedung Putih tahun depan. Di bawah pajak kekayaan yang diusulkannya, Gates akan membayar lebih dari $ 6 miliar setiap tahun.

Gates, yang telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaannya untuk amal, mengatakan dia senang membayar lebih banyak pajak. "Jika saya harus membayar US$20 miliar, tidak apa-apa," katanya baru-baru ini.

Bersembunyi tepat di belakang Gates dan Bezos dalam daftar Bloomberg adalah raja bisnis Prancis Bernard Arnault, CEO LVMH Mot Hennessy SE MC, -0,44%, yang kekayaannya US$103 miliar meningkat sekitar sepertiga - US$34,1 miliar di tahun ini.

Berkshire Hathaway Inc. BRK.B, + 0,12% Ketua dan CEO Warren Buffett berada di urutan keempat, dengan $ 86,6 miliar, dan Facebook Inc. FB, + 1,01% CEO Mark Zuckerberg melengkapi posisi lima dengan US$74,5 miliar. (Inilahcom)

Loading...