Pelaksana di Pemkot Bogor Akan Diberikan Jabatan

Pelaksana di Pemkot Bogor Akan Diberikan Jabatan
istimewa

INILAH, Bogor - Puluhan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bogor mengikuti sosialisasi penetapan standar jabatan pelaksana di Hotel Pajajaran Suite, Bogor Nirwana Residence, Bogor Selatan, Senin (18/11/2109). Sosialisasi ini mengacu pada Peraturan Menpan RB Nomor 41/2018 tentang nomenklatur jabatan pelaksana bagi PNS.

Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, sosialisasi ini untuk mempersiapkan staf pelaksana agar mempunyai posisi jabatan fungsional.

"Semisal staf ini pelaksana pengantar surat akan ada jabatannya. Hal ini agar lebih jelas evaluasi kinerja dan hitungan intensifnya. Jadi tidak asal disuruh dia punya tupoksi masing-masing. Ini sangat bagus nanti biar semua punya peran, fungsi dan tanggung jawab sebagai pelaksana," kata Ade, Selasa (19/11/2019).

Ade melanjutkan, untuk jumlah staf pelaksana di Kota Bogor mencapai 1.600 orang. Karena itu, apabila masih ada golongan 3 dan 4 yang menjadi pelaksana.

"Ini kan, tugas pelaksana sendiri berada di bawah pimpinan struktural. Dengan adanya pemberian jabatan bagian pelaksana akan lebih efektif dan efisien. Apalagi kedepan jabatan struktural akan dirampingkan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumberdaya Aparatur (BKPSDA) M Taufik mengatakan dengan adanya jabatan pelaksana itu ASN akan lebih tertata terutama dalam pemberian insentif tunjangan.  

"Jabatan pada pelaksanaan ASN berbeda dengan golongan. Karena golongan mempunyai aturan baku empat tahun sekali bisa naik golongan kalau fungsional sesuai dengan yang diperoleh. Kalau struktural jabatan non fungsional empat tahun sekali bisa dinaikkan pangkatnya apabila memenuhi syarat-syarat," tuturnya.

Taufik menambahkan, pihaknya bersama peserta perwakilan OPD ini terlebih dahulu akan menghimpun dengan sistem kluster untuk membuat kelas jabatan dan nama jabatannya. Setelah melakukan mapping, untuk realisasinya akan sesuaikan dengan kesiapan OPD

"Harapannya tentu bisa melaksanakan baik itu pelaksana, pejabat struktural bisa bekerja sesuai peraturan yang ada sehingga target target Pemkot Bogor terutama program ‘Bogor Berlari’ bisa terwujud," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Loading...