57.971 Lembar Uang Palsu Dimusnahkan

57.971 Lembar Uang Palsu Dimusnahkan
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Rabu (20/11/2019) ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jabar dan Polda Jabar memusnahkan temuan uang palsu. 

Secara simbolis, pemusnahan uang palsu itu dilakukan Kepala KpwBI Jabar Doni P Joewono, Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jabar Leonardus Butar Butar, Aspidum Kejaksaan Tinggi Jabar Dwi Hartanta, dan Kepala OJK KR 2 Jabar Triana Gunawan.

"Hari ini, kita memusnahkan sebanyak 57.971 lembar uang palsu dari berbagai pecahan. Temuan uang palsu itu dimusnahkan menggunakan mesin racik uang kertas yang dimiliki BI," kata Doni di Bandung.

Menurutnya, berbeda dengan pemusnahan tahun sebelumnya uang palsu yang dimusnahkan tahun ini merupakan hasil temuan dari proses penyortiran uang kertas di KPwBI Jabar, KPwBI Cirebon, dan KPwBI Tasikmalaya. Selain itu, ada juga laporan masyarakat kepada pihak kepolisian dan perbankan yang kemudian diserahkan kepada Direktorat Tindak Pidana Kriminal Khusus Polda Jabar.  

"Pemusnahan uang palsu ini merupakan langkah nyata untuk melindungi masyarakat dan memastikan uang palsu yang ditemukan tidak beredar kembali di masyarakat," ucapnya.

Loading...