Untuk Pertama Kalinya, Pemerintah KBB Lelang Mobdin

Untuk Pertama Kalinya, Pemerintah KBB Lelang Mobdin

INILAH, Ngamprah-  Pada 2020 Pemkab Bandung Barat menargetkan bisa menghapus aset kendaraan milik negara. Salah satunya dengan melakukan lelang. Jika lelang dilaksanakan, ini merupakan kali pertama Pemkab melaksanakannya. 

Kabid Pengelolaan Barang pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bandung Barat, Asep Sudiro mengatakan, saat ini aset-aset kendaraan dinas milik Pemkab Bandung Barat masih dalam tahap penilaian oleh pihak ketiga.

"Insya Alloh (lelang aset) bisa dilaksanakan tahun 2020 karena memang harus berproses. Dari awal dulu mulai penilaian," jelas Asep saat dihubungi via sambungan telepon, Rabu (20/11/2019).

Jika penilaian sudah selesai, pihaknya akan melakukan rekap berupa hasil nilai aset. Setelah itu, baru disampaikan pengajuan lelang ke Bupati Bandung Barat.

Setelah dari Bupati, hasilnya juga disampaikan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Pasalnya, mekanisme dan jadwal pelelangan juga menjadi kewenangan dari KPKNL.

"Bukan di kita yang mengadakan tapi di KPKNL. Nanti kalau administrasi, penilaiannya sudah selesai nanti kita sampaikan ke sana (KPKNL). Nanti di sana ada penjadwalan. Kita juga mungkin nunggu giliran," jelasnya.

Jika lelang aset kendaraan terealisasi tahun depan, maka itu akan menjadi yang pertama kalinya sejak Bandung Barat menjadi kabupaten dan membentuk pemerintahan sendiri. Pasalnya selama 12 tahun berdiri, Pemkab belum pernah melaksanakan penghhapusan aset kendaraan.

Kepala Seksi Analisa Pemanfaatan Milik Daerah pada BPKAD KBB, Yance D menambahkan, total ada sekitar 250 kendaraan roda empat dan roda dua yang akan dilakukan penilaian. Rinciannya, sekitar 100 kendaraan roda empat dan 150-an kendaraan roda dua.

"Jumlah yang sudah dihitung motor baru 44 unit. Tapi yang dihitung masih banyak, bertahap. Kalau mobilnya ada kurang lebih 35-an," ujarnya.

Ia menjelaskan, aset kendaraan yang saat ini dilakukan penilaian dan akan dilelangkan merupakan kendaraan yang berusia tujuh tahun ke atas. Mayoritas kendaraan itu merupakan pelimpahan dari Kabupaten Bandung. (Ahmad Sayuti)

Loading...