Loka POM Bogor: Produk Pabrik Obat Keras Tidak Memenuhi Standar

Loka POM Bogor: Produk Pabrik Obat Keras Tidak Memenuhi Standar
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Kepala Loka POM Kabupaten Bogor Muhammad Rusydi Ridha memastikan, dari segi keamanan obat-obatan yang diproduksi dari pabrik obat keras di Gg Pesantren RT 02/07, Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sereal tersebut tidak memiliki standar keamanan bagi tubuh. Itu diakuinya bisa dikategorikan ke dalam obat berbahaya.

"Kalau dari segi bahaya, ini adalah obat yang tidak punya standar karena tempat pembuatannya jauh dari standar pabrik farmasi. Selain berukuran kecil, tempat pembuatannya juga kotor," kata Rusydi kepada INILAH di lokasi, Rabu (20/11/2019).

Rusydi menegaskan, dari bahan baku yang digunakan pun pihaknya memastikan hal itu tidak sesuai standar. Artinya, obat-obatan yang dihasilkan itu tentu berbahaya bagi kesehatan.

"Terkait tingkat bahaya jika seseorang mengonsumsinya, nanti kita akan melakukan uji lab," tambahnya.

Untuk itu, pihaknya segera melakukan pendalaman terkait obat-obatan yang diproduksi pabrik abal-abal tersebut. 

Terkait dugaan adanya pembuatan narkotika golongan satu dan dua, pihak POM akan melakukan pengujian laboratorium terlebib dahulu.

"Kami dari Badan POM selalu mengimbau masyarakat untuk membeli obat-obatan di tempat atau sarana yang resmi, seperti apotek dan toko obat berizin," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Loading...