Ini Tiga Keunggulan Kampung Germas Tanah Baru

Ini Tiga Keunggulan Kampung Germas Tanah Baru
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - RW 07 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, diresmikan sebagai Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang ke-4 di Kota Bogor.

Ada tiga program yang diunggulkan di kampung tersebut, seperti Kampung Komunitas Emak-Emak Anti Rokok dan Tembakau (Kemarau), Kampung Tanggap Leungitkeun Stunting (Taleus) dan Kampung Bank Sampah.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Sari Devianti Andayana Rachim mengatakan, Kampung Germas ini sudah 70 persen berhasil dalam berbagai program yang merupakan kreativitas dan inovasi dari warga. Kedepan, tentunya masih perlu peningkatan sinergitas kebersamaan antara kecamatan, kelurahan hingga RW dan RT.

"Kami mengapresiasi keberhasilan di sini. Apalagi Kampung Germas ini merupakan perwakilan Kota Bogor dalam ajang Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Jawa Barat," ujar wanita yang akrab disapa Yantie Rachim pada Rabu (20/11/2019).

Untuk persoalan stunting, Yanti menuturkan, RW 7 di Kelurahan Tanah Baru sudah cukup peduli terhadap stunting dalam mencegah dan menghentikan stunting. Mengingat masih ada beberapa wilayah di Kota Bogor yang angka balita stunting cukup tinggi.

"Tim Bunda Peduli stunting dan PKK akan bekerja sama dalam program Tanggap Leungitkeun Stunting (Taleus) di Kota Bogor ini. Kami juga konsen menjaga anak-anak gadis usia remaja dengan memantau dari sejak menikah, hamil dan memiliki anak," tambah Yanti yang juga duta bunda stunting ini.

Sementara itu, Camat Bogor Utara Rahmat Hidayat menjelaskan, deklarasi kampung Germas di RW 07 diharapkan menambah poin ketika dilakukan penilaian lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat pada 22 November mendatang. Apalagi kampung ini salah satu kampung yang kreatif dan inovatif di wilayah Kecamatan Bogor Utara.

"Kelurahan kreatif lainnya juga ada, diantaranya Kampung Tematik, KWT, KLA, Kampung KB dan Kampung Germas. Kami mengajak warga melaksanakan gerakan hidup sehat diantaranya melakukan aktifitas fisik dan makan makanan sayuran serta rutin membersihkan lingkungan," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Promkes Dinkes Kota Bogor, Erny Yuniarti menerangkan, ada tiga kegiatan inovasi pendukung Kampung Germas di wilayah Kecamatan Bogor Utara ini, yakni Kampung Kemarau, Kampung Taleus dan Kampung Bank Sampah. Kegiatan ini juga sekaligus upaya merubah mindset masyarakat. 

"Germas ini sama seperti kegiatan sehari-hari, jadi mudah untuk mengimplementasikannya," terang Erny.

Erny menambahkan, sebelum membentuk Kampung Germas, Dinas Kesehatan terlebih dahulu membina masyarakat terkait kesehatan dan dukungan dari masyarakat untuk kemudian di realisasikan. Tak ayal, Kampung Germas ini menjadi kampung keempat yang sudah diresmikan. Sehingga tersisa dua kampung Germas lagi di Kecamatan Bogor Timur dan Selatan.

"Kami berharap Puskesmas terus turun melakukan pembinaan terhadap kader-kader dan masyarakat, karena untuk merubah masyarakat membutuhkan waktu yang lama jadi harus tetap di monitoring," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Loading...