Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq. (Net)

INILAH, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq merespons kabar pemukulan suporter Indonesia di Malaysia. Ia meminta polisi mengusut kasus tersebut.

Video pengeroyokan dua suporter Indonesia di Malaysia oleh pendukung Malaysia beredar luar di media sosial sejak Rabu (20/11/2019) kemarin, sehari setelah Malaysia mengalahkan Indonesia 2-0 pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejumlah kelompok suporter Timnas Indonesia memang hadir langsung di Stadium Bukit Jalil, Kuala Lumpur, guna memberi dukungan kepada tim arahan Yeyen Tumena.

Dalam video singkat yang beredar di media sosial Twitter maupun Instagram terlihat dua orang suporter Indonesia mendapat aksi kekerasan dari sekelompok pendukung Malaysia yang diklaim sebagai Casual Malaya.

Insiden tersebut membuat warganet Indonesia geram, mereka kemudian membanjiri akun media sosial Menpora Malaysia, Syed Shaddiq, agar segera mengeluarkan pernyataan serta meminta pertanggungjawaban.

Merespon desakan tersebut, Syed kemudian berkomunikasi dengan Kepolisian Diraja Malaysia untuk segera mengusut setiap laporan yang masuk terkait aksi kekerasan suporter.

"Saya sudah perintahkan kepada Kepolisian untuk mengusutnya. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh ia buat laporan ke polisi," demikian isi tweet Syed Saddiq melalui akun Twitter resminya @SyedSaddiq merespon tweet dari warganet Indonesia.

"Kami akan pastikan ada pengusutan yang tepat dan transparan. Keadilan adalah untuk semua, terlepas dari Malaysia atau Indonesia," lanjut kicaunya.

Syed Saddiq@SyedSaddiq

Saya sudah maklumkan kepada pihak polis untuk siasat.

Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polis.

We will ensure that there will be a proper & transparent investigation.

Keadilan adalah untuk semua, tidak kira dari Malaysia atau Indonesia. https://twitter.com/permadiaktivis/status/1197460521009606656 …

Permadi [email protected]

Minister of Sport @SyedSaddiq, here a video of Indonesian supporters got beaten up by Malaysian after our last match, they even added very insulting caption. Considering how you demanded apology from us the last time, we hope you would return the favor apologize for this
Cc @PSSI

Embedded video

5,689

9:02 PM - Nov 21, 2019

Twitter Ads info and privacy

11.9K people are talking about this

 

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendesak Malaysia meminta maaf atas insiden tersebut. Kemenpora sudah mendapat penjelasan dari KBRI di Kuala Lumpur bahwa video pengeroyokan suporter Indonesia yang beredar di media sosial adalah benar bukan hoaks.

Loading...