Jelang Natura, BPOM Bandung Awasi Penjualan Parsel

Jelang Natura, BPOM Bandung Awasi Penjualan Parsel
(Foto: Ridwan Abdul Malik)

INILAH, Bandung - Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 (Natura), Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan melakukan pengawasan penjualan parsel. Satu diantaranya, terkait tanggal kadaluarsa dalam produk didalam parcel.

Demikian disampaikan, Kepala Balai Besar POM (BBPOM) Bandung I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa di kantor BBPOM Bandung, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Senin (2/12/2019).

"Tentu ada (pengawasan) intensifikasi pengawasan namanya menjelang hari raya. Biasanya sekarang sudah mulai nih sebenarnya tim kami sudah di lapangan," ucap Bagus.

Bagus mengungkapkan, kerap kali ditemukan produk makanan yang sudah kadaluarsa di dalam sebuah parcel. Terlebih, pada momentum hari-hari besar yang memiliki permintaan tinggi akan parcel.

"Hal-hal ini yang perlu diantisipasi mungkin karena ketidaktahuan produk itu ada masa kadaluarsanya. Harus dicek juga apakah kemasan masih utuh atau ada kerusakan," ujar Bagus.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada para pengusaha parcel agar mengedepankan kualitas parcel. Artinya, parcel tersebut diisi oleh produk yang legal dan dalam kondisi baik atau tidak kadaluarsa.

"Kepada penjual dan ke penyedia tidak hanya parsel, tapi produk kemasan juga kami mengimbau dari awal tidak menjual produk yang rusak, sudah kadaluarsa, apalagi yang tanpa izin edar. Itu tentu harus jadi perhatian dari awal, tidak semata-mata memenuhi kebutuhan," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)

 

 

Loading...