Sumbangan Rp20 Miliar Terkumpul untuk Renovasi Masjid di Palestina

Sumbangan Rp20 Miliar Terkumpul untuk Renovasi Masjid di Palestina

INILAH, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil tidak akan menghadiri groundbreaking Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina. Diketahui, dia dipercaya mendesain ulang wajah masjid besar yang hancur akibat serangan Israel tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, selain sebagai tempat ibadah utama masjid itu menghasilkan sekitar tujuh ribu orang hafiz Alquran.

"Kemungkinan tidak (ikut groundbreaking) dengan situasi saat ini. Mimpi saya pas peresmian atau bangunanya jadi saja," ujar Ridwan Kamil, Senin (2/12/2019).

Menurut dia, saat ini proses pembangunan masjid tersebut sedang dalam pengurusan izin mendirikan bangunan. Karena itu, dilaporkan peletakan batu pertama akan dilaksanakan pada bulan depan. 

Emil-sapaan Ridwan Kamil- bersyukur saat ini terkumpul sekitar Rp20 miliar sumbangan dari masyarkat Indonesia untuk pembangunan tersebut. Sebagian penyumbang itu mereka yang berstatus milenial. 

"Jadi 100 persen dari umat Islam Indonesia sebagian netizen dan pribadi," katanya..

Pada bulan lalu, Emil mendapat kunjungan masyarkat muslim dari negara Spanyol. Mereka meminta untuk membuat rancangan desain yang akan diaplikasikan untuk bangunan masjid di Kota Sevilla. Emil menyambut baik.

"Dia kenal saya lewat internet ingin membantu mendesainkan masjid di kota Sevilla yang dananya dari Presiden Chechnya Rusia," katanya.

Menurut dia, hal tersebut menandakan indahnya Ukhuwah Islamiah. Di mana terdapat kerja sama masyarakat muslim antarnegara untuk mendirikan bangunan masjid yang manfaatnya akan sangat besar bagi orang banyak. 

"Dananya dari Chechnya yang bantu desain di Indonesia, tapi masjidnya di Sevilla di Spanyol," pungkas Emil. (Rianto Nurdiansyah) 

Loading...