Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Kabupaten Bandung Stabil

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Kabupaten Bandung Stabil
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019/2020 ini, harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional relatif stabil. Kendati ada kenaikan beberapa komoditas seperti ayam potong dan lainnya relatif tidak terlalu signifikan.

Deni (37) salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Soreang mengatakan, harga ayam potong saat ini sekitar Rp35-36 ribu/kg. Padahal, sepekan lalu harganya masih Rp33 ribu/kg. Akibat kenaikan tersebut dia mengaku penjualan ayam potong relatif sepi.

"Sudah sepekan ini harga ayam naik. Dampaknya, penjualan menurun sekitar 30%. Karena harga naik, konsumen mengurangi pembeliannya. Mungkin karena jelang Natal dan Tahun Baru harga-harga naik, tapi kalau pasokan Alhamdulilah lancar, nggak ada masalah," kata Deni di Pasar Soreang, Senin (2/12/2019).

Dia menyebutkan, selain ayam potong beberapa bahan kebutuhan pokok lainnya juga ikut naik. Di antaranya telur ayam dari sebelumnya Rp21 ribu kini naik menjadi Rp24 ribu/kg. Sedangkan, daging sapi harganya masih relatif stabil antara Rp110-115 ribu/kg.

"Sama kenaikannya sudah terjadi sejak sepekan terakhir ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perdustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Erwin Sukanda mengatakan hingga hari ini sejumlah harga kebutuhan pokok relatif stabil dan terkendali. Bahkan, beberapa komoditas sayuran justru harganya turun.

"Setiap hari kami pantau dan rata rata berbagai harga kebutuhan pokok masyaralat relatif stabil dan pasokan juga lancar," ujarnya.

Menurutnya, saat ini harga beras premium dibanderol Rp12.500/kg dan beras medium sebesar Rp9.000/kg. Kemudian, gula pasir dibandrol Rp13 ribu/kg sedangkan gula merah seharga Rp16 ribu/kg. 

Minyak curah kini dijual seharga Rp11.500/liter dan Rp12.000/liter untuk minyak goreng kemasan. Harga daging sapi stabil sekitar Rp110 -115 ribu/kg. Sedangkan ayam potong, saat ini di Pasar Soreang dijual seharga Rp35 ribu/kg.

"Biasanya kalau mau Natal dan Tahun Baru itu yang naik telur dan bahan-bahan kue. Sedangkan, bahan pokok lainnya biasanya relatif stabil bahkan ada yang turun seperti cabai merah tanjung Rp32 ribu, cabai merah tw Rp28 ribu, cabai merah kriting Rp30 ribu, cabai rawit hijau Rp28 ribu, dan cabai rawit merah Rp40 ribu. Harga semua jenis cabai ini turun," katanya. (Dani R Nugraha)

Loading...