Diduga Bersengketa, Pembangunan Taman Olahraga Panca Karsa Terhenti

Diduga Bersengketa, Pembangunan Taman Olahraga Panca Karsa Terhenti
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Pembangunan Taman Olahraga Panca Karsa terhenti. Ini terjadi akibat lahan lokasi yang diakui milik pemerintah daerah dengan nomor sertifikat 41/2018 itu digugat masyarakat.

Wakil Ketua Tim Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kabupaten Bogor Yusfitriadi mengatakan, proyek pembangunan Taman Olahraga Panca Karsa senilai Rp3,4 miliar tersebut relatif tidak terganggu. Meskipun beberapa hari ke belakang proyek itu sempat terhenti karena ada masyarakat yang menggugat keabsahan sertifikat lahan.

"Proyek pembangunan Taman Olahraga Panca Karsa tidak terhenti. Permasalahan sengketa lahan sudah clear dan clean. Kalau Tim TJSL itu tidak ada urusan dengan lahan dan pembebasan lahan, karena itu urusan pemerintah daerah," kata Yusfitriadi kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

Pria yang juga pengamat politik itu menambahkan, dia sempat mendatangi Kantor Cabang BJB di Cibinong selaku pemberi corporate social responsibility (CSR).

"Saya yakin permasalahan sengketa lahan di atas tidak akan mempengaruhi target pembangunan. Apalagi pada aspek kualitas pekerjaan fisiknya," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Kabid Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Bogor Bangun Septa menjelaskan sertifikat lahan di Kelurahan Tengah tersebut sudah clear and clean. Terkait ada gugatan dari masyarakat, menurutnya itu merupakan hak masyarakat.

"Sertifikat lahan lokasi Taman Olahraga Panca Karsa sudah clear dan clean. Apalagi aset itu sudah terdata sesuai sertifikat kepemilikan lahan yang dikeluarkan Kantor Pertanahan Nasional (KPN) Kabupaten Bogor. Kalau ada masyarakat yang mempermasalahkan atau ada yang mengklaim seperti itu kita tegaskan itu adalah aset Pemkab Bogor dan kami siap membuktikan di Pengadilan Negeri Cibinong," jelas Bangun.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Aan Triana Al Muharrom menyayangkan pihak Tim TJSL maupun lainnya kurang teliti dalam melakukan proyek pembangunan Taman Olahraga Panca Karsa.

"Taman Olahraga Panca Karsa ini kan ikon kepempinan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan, harusnya Tim TJSL membangun di atas lahan yang tidak bersengketa. Ini ada apa? Kok tidak diteliti terlebih dahulu," ujar Aan. (Reza Zurifwan)

Loading...