Dampak Positif dan Negatif jadi Selebgram Anak

Dampak Positif dan Negatif jadi Selebgram Anak
Foto: Net

INILAH, Jakarta - Ada banyak dampak yang bisa dilihat ketika anak menjadi selebgram. APA saja?

Dampak anak menjadi selebgram Terhadap psikologis dan tumbuh kembang sangat bisa dilihat.

Menurut Psikolog Anak Theresia Michelle A., M.Psi, pekerjaan menjadi selebgram tidak seperti pekerjaan yang umum.

Saat seseorang sudah memutuskan menjadi selebgram maka hal tersebut sudah menjadi bagian dari identitas dirinya dan semakin banyak orang yang ingin mengetahui privasi seseorang.

Michelle menambahkan, dampak menjadi selebgram pun bisa beragam, salah satunya efek terhadap publisitas.

Pada kasus-kasus tertentu, Instagram terkadang dapat memberikan tekanan sosial bagi penggunanya bahkan yang dewasa sekalipun.

"Saat ada komentar yang menunjukkan ketidaksukaan atau ketidaksetujuan, apakah orang tua dan anak dapat siap menerimanya? Umumnya orang rentan terpengaruh terhadap hal tersebut. Selain itu, apakah orang tua dan anak siap ketika foto atau data anak tersebar kemana-mana, apakah orang tua dan anak siap mengemban label selebgram kemana pun dan kapanpun?" ungkap Michelle, seperti yang dikutip dari siaran pers Teman Bumil, Jakarta, Selasa, (03/12/2019).

Adapun dampak positif dari anak menjadi selebgram anak terhadap psikologis dan tumbuh kembangnya menurut Psikolog Denrich Suryadi, M.Psi di antaranya anak menjadi lebih percaya diri, menjadi mandiri dan kreatif dalam menunjukkan bakatnya, serta anak dapat mengasah minatnya di bidang seni ataupun hiburan.

"Sedangkan, dampak negatifnya seperti anak kehilangan masa kecilnya untuk bermain dan belajar dengan bebas, sulit memahami identitas diri yang sebenarnya, kehilangan hak pribadi mengenai publisitas hidupnya, sulit mengelola emosi, dan memiliki risiko cyber-bullying nantinya," tutup Denrich. (INILAHCOM)

Loading...