Akhir Tahun, Dinas PUTR Targetkan Pembangunan Trotoar Soreang Rampung

Akhir Tahun, Dinas PUTR Targetkan Pembangunan Trotoar Soreang Rampung
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Agus Nuria memastikan jika pembangunan trotoar di sepanjang Jalan Raya Soreang akan rampung pada akhir Desember ini. Untuk itu, dia meminta para pelaku usaha dan masyarakat di sepanjang jalan tersebut bersabar.

"Trotoar harus selesai tahun sekarang. Kalau tidak selesai ada mekanisme penambahan waktu pengerjaan persatu mil. Itu bisa dilakukan. Ya kalau tidak diselesaikan juga ada sanksi dan diblack-list kontraktornya," kata Agus di sela Hari Bakti PU ke-74 di Kantor Dinas PUTR Kabupaten Bandung, Selasa (3/12/2019).

Agus mengatakan, pembangunan trotoar di Jalan Raya Soreang itu dilaksanakan dalam rangka penataan kawasan perkotaan di ibu kota Kabupaten Bandung. Proyek tersebut dibiayai APBD Kabupaten Bandung 2019. 

Diberitakan sebelumnya, sudah sekitar lima bulan terakhir ini para pelaku usaha di sepanjang Jalan Raya Soreang, tepatnya di jalan depan pasar dan terminal Soreang hingga alun alun mengalami penurunan omzet usaha. Kerugian ditimbulkan akibat adanya pembangunan trotoar disepanjang jalan depan pertokoan tempat usaha mereka.

Nanang Kanis, salah seorang pelaku usaha di jalan itu mengatakan, sejak sekitar lima bulan terakhir ini trotoar jalan di depan tokonya dibongkar dan dibangun kembali. Sayangnya, selama proses pembangunan pihak pemborong proyek tidak memikirkan dampak pembongkaran trotoar lama terhadap pertokoan yang ada disepanjang jalan itu. Karena bongkaran trotoar dibiarkan menganga dengan berbagai material bahan bangunan serta berangkal berserakan dimana mana.

"Semua pelaku usaha disepanjang jalan ini mengeluhkan omzet turun 30-50%. Ya gara gara ada perbaikan trotoar jalan ini. Sebenarnya, bukannya kami tidak mendukung pembangunan tapi perhatikan juga dong keadaannya jangan sampai bongkaran dibiarkan menganga dan berantakan, konsumen yang mau belanja juga jadi mengurungkan niatnya," kata Nanang. (Dani R Nugraha)

Loading...