Kali Ini, Uji Coba Kanalisasi 2:1 Dilakukan Sabtu Siang

Kali Ini, Uji Coba Kanalisasi 2:1 Dilakukan Sabtu Siang
Ilustrasi/Reza Zurifwan

INILAH, Bogor – Tuntasnya proyek pelebaran Jalan Raya Puncak, mulai dari Ciawi hingga Cisarua, membuat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Polres Bogor, polisi lingkungan warga (Polingga), Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Bogor kembali menerapkan uji coba sistem rekayasa arus lalu lintas kanalisasi 2:1, Sabtu (7/12) mendatang.

“Uji coba sistem rekayasa lalu lintas kanalisasi 2:1 yang lalu, Minggu (27/10) gagal karena masih dilakukannya proyek pelebaran jalan di Cipayung, Megamendung dan tanjakan Desa Kopo, Cisarua. Dengan tuntasnya pekerjaan tersebut, kami pun kembali melakukan uji coba pada Sabtu pekan ini,” ucap Kepala BPTJ Bambang Prihartono kepada wartawan, Selasa (3/12).

Pria asli Yogyakarta ini menerangkan alasan lainnya kembali diuji coba kanalisasi 2:1 karena Pemkab Bogor sudah menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di bahu jalan.

“PKL tersebut ditertibkan Pemkab Bogor karena bisa membahayakan mereka dari kecelakaan lalu lintas dan juga menjadi penyebab kemacetan lalu lintas di mana pembelinya memarkir kendaraannya di bahu jalan,” terangnya.

Terpisah, Kepala Sat Lantas Polres Bogor AKP Fadly Amri menyatakan siap melaksanakan uji coba kanalisasi 2:1 di Jalan Raya Puncak. “Kami sudah melakukan sosialisasi pelaksanaan kegiatan uji coba kanalisasi 2:1 tersebut yang dilakukan secara massif, baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial,” katanya.

Adapun rangkaian persiapan pelaksanaan kegiatan dimulai dari pukul 06.30 WIB. Mulai dari apel kesiapan pengamanan, penempatan traffic cone dilakukan siang hari, lalu pukul 07.00 WIB dilakukan penutupan arus kendaraan dari arah Cianjur ke bawah di titik pending. Kemudian pada pukul 12.00 WIB penormalan arus kendaraan untuk melakukan pemasangan traffic cone dan uji coba sistem 2:1 diberlakukan mulai pukul  13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Ia melanjutkan yang menjadi pembeda dengan yang pertama adalah uji coba kanalisasi 2:1 kali ini dilakukan pada hari Sabtu dan hanya siang hari. Saat itu, arus kendaraan naik lebih banyak dibanding hari Minggu.

“Dengan dilakukannya uji coba ini di hari Sabtu, maka arus kendaraan yang turun  di siang hari menuju arah Jakarta tidak sebanyak pada hari Minggu hingga kami optimistis antrean kendaraan menuju Tol Jagorawi tidak akan terlalu panjang,” lanjutnya. (reza zurifwan/ing)
 

Loading...