Bupati Anne Diganjar Regional Leader Enterpreneur Awards 2019 

Bupati Anne Diganjar Regional Leader Enterpreneur Awards 2019 
Foto: Net

INILAH, Purwakarta - Sektor pariwisata di Kabupaten Purwakarta menunjukan perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi tersebut berkat komitmen Anne Ratna Mustika sebagai bupati yang terus mendorong pengembangan sektor tersebut.

Implikasi dari pengembangan sektor wisata adalah turut menjadikan ekonomi masyarakat lebih meningkat, salah satunya melalui sektor UMKM.

Kerja keras Anne berbuah manis. Upayanya menuai apresiasi dan penghargaan dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (OTDA) Kementerian Dalam Negeri RI dalam ajang Regional Leader Enterpreneur Awards 2019 yang digagas Markplus, Inc, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan marketing skala global.

Founder & Chariman MarkPlus Hermawan Kartajaya menuturkan, beberapa tahun lalu Presiden Joko Widodo pernah berpesan cara memenangkan persaingan secara global melalui inovasi, kreativitas dan enterpreneurship atau kewirausahaan.

"Penekanan ini untuk semua elemen, tak terkecuali pemerintahan," ujar Hermawan dalam rilis yang diterima INILAH, Rabu (4/12/2019).

Atas dasar itu, sambung Hermawan, perusahaannya menggelar kegiatan tersebut sebagai penghargaan bagi para kepala daerah yang selama ini dinilai inovatif, kreatif dan berjiwa enterpreneur.

"Dulu, paradigma seorang pemimpin itu efisien, produktivitas, dan profesionalisme. Sekarang tiga poin tadi yang harus dimiliki kepala daerah," jelas dia.

Hermawan mejelaskan, ajang Regional Leader Enterpreneur Awards 2019 merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada kepala daerah yang dianggap telah memajukan daerahnya melalui tiga karakter tersebut. Tahun ini merupakan kegiatan ketiga kalinya.

Mereka dinilai sebagai pemimpin kreatif dalam menghasilkan ide dengan kuantitas banyak. Kemudian, inovatif karena terobosannya solutif, memudahkan, cepat diadopsi dan dirasakan masyarakat, serta berjiwa enterpreneur dan berorientasi pada perubahan.

Misalnya di sektor pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, perdagangan dan investasi hingga pariwisata. Adapun proses penilaian dilakukan sejak Oktober 2019. Sedangkan seleksinya dilakukan pada pertengahan November.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku berbangga hati dengan torehan penghargaan tersebut. Penghargaan ini menjadi spirit untuk terus berinovasi. Tentunya guna meningkat taraf ekonomi masyarakat.

"Kami akan terus mendorong, tak terkecuali sektor pariwisata. Karena, kami menilai sektor wisata bisa menjadi salah satu pendongkrak perekonomian warga," ujar Anne.

Anne menjelaskan, penataan sektor pariwisata selama ini memang sudah menjadi agenda yang masuk ke dalam rencana kerjanya. Karena, menurutnya, sektor pariwisata bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warganya.

"Dari pariwisata, dipastikan akan tumbuh ekonomi-ekonomi kreatif masyarakat," jelas dia.

Anne menambahkan, sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung meningkat sesaat setelah sektor pariwisata berkembang pesat. Atas dasar itu, pihaknya optimistis sektor UMKM ini bisa terus berkembang dimasa mendatang. (Asep Mulyana)