Disnakertrans Jabar Berharap Ada Perubahan Sikap Pekerja Industri

Disnakertrans Jabar Berharap Ada Perubahan Sikap Pekerja Industri
Sekretaris Disnakertrans Jawa Barat Agus E Hanafiah pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Kamis (5/12/2019). (antara)

INILAH, Bandung - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengharapkan adanya perubahan sikap pekerja industri yang selama ini masih dikeluhkan oleh pengusaha.

Sekretaris Disnakertrans Jawa Barat Agus E Hanafiah pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Kamis (5/12/2019), mengatakan perubahan sikap ini dibutuhkan karena masih banyak pekerja yang tidak disiplin, tidak bekerja keras dan tidak tepat waktu.

"Beberapa poin yang sering disampaikan oleh pengusaha atau perusahaan sering mengeluhkan salah satunya masalah attitude pekerja. Pengetahuannya bagus tapi attitude-nya jelek," kata Agus.

Menurut dia, selama ini pihaknya melalui Balai Pelatihan Kerja selalu menekankan tiga hal saat mendidik calon pekerja agar sukses di dunia kerja, salah satunya soal sikap.

"Kalau di Balai Pelatihan Kerja itu ad tiga hal atau tiga aspek yang kami tekankan yakni knowledge, skill, dan attitude. Tiga hal tersebut penting dimiliki oleh setiap pekerja," kata dia.

Oleh karena itu, ia meminta agar pekerja senantiasa menjaga sikap mereka demi kepercayaan pengusaha terhadap pekerja asal Jawa Barat.

Keluhan pengusaha soal sikap pekerja Indonesia juga diutarakan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Barat Bidang Teknologi dan Data Potensi Usaha Hadi S Cokrodimejo.

Menurut dia, dari aspek sikap, pekerja Indonesia kalah jika dibandingkan dengan pekerja asal Vietnam, Kamboja dan Thailand.

"Kalau pekerja kita, baru kerja sedikit, terus ngobrol, WA-an. Nah ini beda banget sama attitude pekerja negara lain seperti Vietnam, Kamboja, dan Thailand," kata dia. (antara)