AHM Tanam 1.000 Pohon Buah Langka di Padalarang

AHM Tanam 1.000 Pohon Buah Langka di Padalarang
istimewa

INILAH, Bandung – PT Astra Honda Motor (AHM) mewujudkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan. Ini dilakukan melalui peresmian Astra Honda Pranaraksa Center sekaligus memperkenalkan kegiatan perdananya, yaitu Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara. 

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, upaya konservasi ini diimplementasikan dengan melakukan penanaman sekaligus pemeliharaan 1.000 pohon buah langka asli Indonesia. 

Penanaman dan pemeliharaan pohon perdana dari Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara dilakukan di Bukit Puter, Kampung Cidadap, Desa Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (3/12/2019) lalu. 

Menurutnya, tempat tersebut dipilih karena kondisi lahan yang tandus sehingga memerlukan upaya reboisasi. Selain itu, lokasi Bukit Puter berdekatan dengan Kampung Berseri Astra (KBA) Cidadap yang telah dibina AHM sejak 2017 sehingga kegiatan konservasi ini diharapkan dapat bekerja sama dan memberdayakan masyarakat lokal dalam proses penanaman dan perawatannya. 

Dia menjelaskan, pengembangan Astra Honda Pranaraksa Center memiliki tiga tujuan utama dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat, yaitu penghijauan lahan tandus, perlindungan keanekaragaman hayati, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tidak hanya berhenti pada penanaman pohon saja, AHM bersama masyarakat juga akan memelihara pohon yang ditanam untuk memastikan kelestariannya.

"Selain sebagai tempat untuk konservasi buah langka dan lokal asli Indonesia, Astra Honda Pranaraksa Center ini diharapkan bisa menjadi pusat pengenalan dan pembelajaran kepada seluruh elemen masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang buah-buah asli Indonesia yang saat ini sudah mulai jarang dijumpai di sekitar kita," kata Muhib. 

Sebanyak 1.000 pohon yang ditanam di Astra Honda Pranaraksa Center di Bukit Puter, Cidadap ini antara lain berupa 17 jenis buah langka dan 10 jenis buah lokal yang juga perlu dipertahankan keberadaannya. 

Adapun jenis pohon buah langka yang ditanam yakn pohon mundu, menteng, kecapi, kenari, jamblang, sempur, jeruk kinkit, maja, jambu mawar, bisbul, matoa, belimbing wuluh. Terdapat pula pohon alkesa, jambu bol, sirsak madu, sirsak ratu, dan gowok yang juga masuk jenis dalam buah langka. AHM juga menanam pohon jambu kristal, jambu biji, jambu air, manggis, sawo manila, kelengkeng, belimbing, alpukat, nangka, dan durian musang king yang merupakan jenis buah lokal. 

Untuk menjalankan program ini, AHM bekerjsama dengan KBA Cidadap dan Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC). Selain itu, AHM juga menggandeng PT Musashi Autoparts Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, PT Suryaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia. (*)